Tuesday, 11 December 2018

Pertemuan Jokowi dengan Raja Salman Capai 11 Kesepakatan

Rabu, 1 Maret 2017 — 21:13 WIB
Raja Salman berbincang dengan Presiden Jokowi

Raja Salman berbincang dengan Presiden Jokowi

JAKARTA (Pos Kota) – Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Raja Salman berhasil mencapai 11 kesepakatann yang kemudian dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman.

Sebagaimana diungkapkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi , salah satu dari 11 kesepakatan tersebut ialah mengenai komitmen kontribusi pendanaan Arab Saudi terhadap pembiayaan proyek pembangunan dengan nilai mencapai 1 miliar dolar AS.
‬‬
‪”Setelah pertemuan tadi, 11 MoU perjanjian telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Salah satu dari kesebelas MoU yang ditandatangani adalah MoU mengenai ‘The Saudi Fund Contribution to the Financing of Development Project’ senilai USD 1 miliar USD,” ujar Retno di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3).

Selain itu, kata Retno. nota kesepahaman lainnya yang dicapai ialah deklarasi bersama antara pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi perihal peningkatan pimpinan Sidang Komisi Bersama.

“Nota kesepahaman mengenai kerja sama kebudayaan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kementerian Kebudayaan dan Informasi Kerajaan Arab Saudi juga ditandatangani,” papar Retno.

Nota kesepahaman laiinya yakni, Program kerja sama antara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dan Otoritas Usaha Kecil dan Menengah Kerajaan Arab Saudi mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah;

‪”Nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi di bidang kerja sama kesehatan,” terang Retno.

Nota kesepahaman antara otoritas aeronautika pemerintah Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi;

Program kerja sama antara Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi dalam bidang kerja sama saintifik dan pendidikan tinggi dan lainnya.

Nota kesepahaman disepakati setelah menteri dari kedua negara hadir dalam pertemuan tersebut. Dari Indonesia di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

‪Dari pihak Arab Saudi, turut hadir Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Sheikh Saleh bin Abdulaziz Alash-Sheikh, Menteri Negara dan Anggota Kabinet Ibrahim bin Abdulaziz Al-Assaf, Menteri Kebudayaan dan Informasi Adel bin Zaid Al-Toraifi, Menteri Pendidikan Ahmed bin Mohammed Al-Issa, dan lainnya. (Johara)