Friday, 24 November 2017

Oprah Winfrey akan Mencalonkan Diri Sebagai Presiden?

Kamis, 2 Maret 2017 — 22:48 WIB
Nelson Mandela Oprah Winfrey-

AMERIKA– Selebritas Amerika Serikat Oprah Winfrey tidak mengesampingkan kemungkinan mencalonkan diri sebagai presiden, setelah Donald Trump berhasil menduduki Gedung Putih.

Dalam wawancaranya kepada televisi Bloomberg, ia menilai keberhasilan Trump yang tidak punya pengalaman politik ternyata terpilih menjadi presiden, membuatnya memikirkan kembali potensinya untuk menjadi presiden.

Pembawa acara terkemuka AS berusia 63 tahun yang juga mendukung Hillary Clinton itu, sebelumnya menepis berbagai pertanyaan tentang ambisi politiknya.

Namun ia kini mulai berpikir ulang.

“Saya tidak pernah menganggapnya sebagai suatu kemungkinan,” katanya kepada David Rubenstein dalam program televisi Bloomberg ketika ditanya apakah adakah kemungkinan ia mencalonkan diri.

“Saya lalu berpikir, ‘Oh.. Oh?'”

Mengacu pada Trump, Rubenstein menekankan bahwa “jelas Anda tidak perlu pengalaman dalam pemerintahan untuk bisa terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat.”

“Itu yang saya pikir,” tukas Oprah. “Saya dulu berpikir, ‘Oh, ya ampun, saya tidak punya pengalaman, saya tidak cukup berpengetahuan untuk itu.’ Dan sekarang saya berpikir, ‘Oh.’ katanya.

Winfrey merupakan pendukung mantan Presiden Barack Obama dalam pilpres 2008, yang oleh beberapa kalangan disebut mengangkat peluang Obama dalam pemilihan pendahuluan Demokrat yang saat itu lawannya adalah Hillary Clinton.

Saat memasuki akhir kampanye presiden 2016, Oprah juga memberikan dukungannya kepada Hillary Clinton.

Sebetulnya, bahkan Trump pernah menyebut Oprah Winfrey sebagai pasangan potensialnya sebagai cawapres saat ia mengatakan mempertimbangkan pencalonan diri sebagai presiden pada tahun 1999. Dan tahun lalu pun Trump mengatakan “akan sangat senang untuk mencalonkan diri bersama Oprah.”

Tapi Oprah Winfrey sudah sejak lama mengesampingkan kemungkinan memasuki arena politik.

Januari lalu ia mengatakan kepada Stephen Colbert dalam acara The Late Show, bahwa pencalonan sebagai presiden ‘bukan hal yang cocok’ untuknya, dan mengungkapkannnya lagi kepada Jimmy Kimmel dalam sebuah wawancara sesudah itu.

Sang miliarder penghibur ini bukanlah satu-satunya selebritas tanpa pengalaman politik yang dikait-kaitkan dengan pemilihan presiden.

Sejumlah pesohor lain yang disebut-sebut akan maju dalam pencalonan presiden AS mendatang antara lain bos Facebook Mark Zuckerberg, rapper Kanye West dan kepala eksekutif Disney, Bob Iger.(BBC)