Wednesday, 26 September 2018

Saat Jokowi dan Raja Salman ‘Nge-Vlog’

Kamis, 2 Maret 2017 — 10:05 WIB
Presiden Jokowi mengabadikan acara makan siang bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (Facebook@Jokowi)

Presiden Jokowi mengabadikan acara makan siang bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (Facebook@Jokowi)

JAKARTA (Pos Kota) –Presiden Joko Widodo memang tipe pemimpin yang tidak terlalu terpaku pada protokoler. Dia juga tidak terlalu memikirkan image atau citra diri seperti kebanyakan pemimpin.

Jokowi sering terlihat tampil apa adanya seperti yang terlihat pada jamuan makan siang di Istana Bogor bersama Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Saat keduanya sedang makan, Presiden Jokowi memanfaatkan momentum itu untuk nge-vlog.

Jokowi pun mengajak Raja Salman yang ada di sebelahnya untuk ikut dalam vlog yang diunggah di laman Facebook Presiden Joko Widodo pada pukul 20.00. Melalui vlog Jokowi menyapa:

“Assalamualaikum, saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud,” ucap Jokowi, Rabu (1/3).

Jokowi menjelaskan bahwa kunjungan Raja Salman kali ini merupakan kunjungan balasan atas kedatangannya ke Arab Saudi dua tahun lalu (2015). “Saat itu, saya sampaikan undangan agar beliau, Sri Baginda Raja Salman, bisa berkunjung ke Indonesia,” ujar Jokowi.

Jokowi sebelum mengakhiri pernyataannya, seakan meminta Raja Salman untuk menyampaikan sesuatu kepada masyarakat Indonesia. “Barankali Baginda Raja Salman Bin Abdulaziz Al-Saud akan menyampaikan sesuatu silakan,” kata Jokowi.
Penterjemah lalu menyampaikan ucapan Jokowi itu dengan bahasa Arab hingga membuat Raja Salma menoleh lalu menyampaikan beberapa kalimat melalui vlog Jokowi.

“Bagi kami, rakyat Indonesia adalah saudara kami dan rakyat yang sangat mulia,” ucap Raja Salman yang diterjemahkan oleh penterjemah bahasa.

Jokowi lalu mengakihir vlognya dengan mengatakan, “Terima kasih Yang Mulia, terima kasih semoga kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan baik kita antara Kerajaan Saudi Arabia dan Indonesia, hubungan yang saling menguntungkan,” tutup Jokowi.(us)