Friday, 21 September 2018

Akan Bertemu Jokowi, Presiden Sri Lanka Disambut Pasukan Berkuda

Rabu, 8 Maret 2017 — 17:10 WIB
Presiden Jokowi, menerima kunjungan kenegaraan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, di Istana Merdeka, Jakarta,.(Ist)

Presiden Jokowi, menerima kunjungan kenegaraan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, di Istana Merdeka, Jakarta,.(Ist)

JAKARTA (Pos Kota) –  ‪Presiden Jokowi, menerima kunjungan kenegaraan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/3).

Presiden Sirisena sendiri tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangannya dari silang Monas dikawal oleh korps musik, pasukan berkuda, dan juga pasukan Nusantara dari Pasukan Pengamanan Presiden.

Selain itu,  halaman Istana Merdeka, telah berbaris rapi para pelajar yang turut menyambut kedatangan Sirisena sambil mengibarkan bendera kedua negara sebagai tanda persahabatan.

Saat memulai pertemuan bilateral, Jokowi kembali menegaskan persahabatan antara kedua negara yang telah lama terjalin. Hal ini sekaligus menandakan 65 tahun hubungan diplomatik keduanya.

“Setelah kunjungan kenegaraan terakhir oleh Perdana Menteri Sri Lanka tahun 1976 atau 41 tahun yang lalu, tahun ini menandai 65 tahun hubungan diplomatik antara Sri Lanka dan Indonesia yang tentunya perlu kita rayakan. Bagi Indonesia, Sri Lanka merupakan sahabat dekat dan kita bersama-sama menggagas Konferensi Asia-Afrika dan melahirkan Gerakan Non-Blok,” ujar Jokowi.

“Saya senang  dapat menerima kunjungan Presiden Maithripala Sirisena di Jakarta. Kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan pertama kali Presiden Sirisena ke Indonesia dan kunjungan bersejarah sejak kunjungan terakhir 41 tahun yang lalu,” tambah Jokowi.

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah kesepakatan berhasil dicapai oleh kedua negara. Kesepakatan pertama ialah persetujuan kedua belah pihak untuk mengadakan perjanjian perdagangan bebas. “Kita akan menindaklanjuti nantinya dengan membuat ‘free-trade agreement’,” ujar Jokowi.

.      Jokowi dan Sirisena juga kedua kepala negara turut menyaksikan penandatanganan tiga nota kesepahaman yang akan semakin memperkuat kerja sama Indonesia dan Sri Lanka.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Johara/win)