Wednesday, 21 November 2018

Jokowi – Zuma Bertemu, Sepakat Hapus Hambatan Dagang RI-Afsel

Rabu, 8 Maret 2017 — 20:36 WIB
Presiden Jokowi dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Gedleyihlekisa Zuma d Istana Merdeka, Jakarta (ist)

Presiden Jokowi dengan Presiden Afrika Selatan Jacob Gedleyihlekisa Zuma d Istana Merdeka, Jakarta (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Indonesia dan Afrika Selatan sepakat penghapusan hambatan perdagangan kedua negara (RI dan Afrika Selatan). Demikian hasil pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Afrika Selatan (Afsel)  Jacob Gedleyihlekisa Zuma.

Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Zuma di Istana Merdeka, Rabu sore (8/3). Presiden Zuma  datang bersama Ibu Bongi Zuma langsung disambut Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi memandang penting pertemuan antara kedua negara ini. Sebagai dua negara berkembang sekaligus tergabung dalam keanggotaan negara-negara G20. “Saya  mengharapkan agar kedua negara dapat menjadi motor penggerak dari Kerja Sama Selatan-Selatan,” terang Jokowi.

Pertemuan bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan menghasilkan kesepakatan untuk lebih meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan. Kedua negara telah bersepakat untuk dalam waktu dekat membahas penurunan hambatan tarif dan nontarif bagi sejumlah produk dan komoditas unggulan kedua negara.

“Upaya peningkatan kerja sama perdagangan banyak dibahas dalam pertemuan tadi. Kita sepakat untuk segera membahas penurunan hambatan tarif dan nontarif bagi produk dan komoditas unggulan,”  Jokowi  dalam pernyataan pers bersama usai pertemuan bilateral.

Dalam pertemuan itu, Indonesia juga mengusulkan kepada Afrika Selatan agar kerja sama perdagangan yang selama ini telah terjalin dapat lebih diperluas lagi dengan negara-negara tetangga. Di antaranya ialah dengan membuka jalur akses perdagangan menuju Southern African Customs Union (SACU).

“Kita sepakat untuk menugaskan menteri terkait melakukan tindak lanjut. Saya tadi juga menyampaikan kepada Presiden Zuma bahwa dalam dua bulan setelah hari ini, akan kita kirim menteri-menteri beserta pelaku bisnis ke Afrika Selatan,” ujarnya.

Presiden Zuma juga menyatakan kesiapannya untuk bergerak menuju penghapusan hambatan perdagangan kedua negara.

‪”Kami telah sepakat untuk memperkuat kerja sama kami dalam bisnis, perdagangan dan investasi, pertanian, pertahanan, dan berjalan ke arah penghapusan hambatan perdagangan antara negara kita,” ucap Zuma. (Johara/win)