Sunday, 18 August 2019

BNN dan DPD RI Teken MoU Pemberantasan Narkoba

Kamis, 9 Maret 2017 — 21:41 WIB
BNN dan DPD RI menandatangani nota kesepahaman MoU terkait P4GN. (timyadi)

BNN dan DPD RI menandatangani nota kesepahaman MoU terkait P4GN. (timyadi)

JAKARTA (Pos Kota) – Badan Narkotika Nasional (BNN)  menjalin kerja sama dengan DPD RI terkait pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN). Kerja sama ini ditandai dengan ditekennya nota kesepahaman (MoU) BNN dengan DPD RI, Kamis (9/3/2017).

MoU (memorandum of understanding/nota kesepahaman) untuk kerja sama ini ditandatangani langsung oleh kepala BNN Komjen Pol. Budi Waseso (Buwas) dan Ketua DPD RI Muhamad Saleh, di DPD RI, Kamis.

“MoU ini merupakan bentuk kesungguhan tekad dan komitmen nyata yang ditunjukkan oleh DPD RI dalam mendukung upaya penanganan permasalah narkotikadan prekursor narkotika, sekaligus merespon situasi bangsa yang berada dalam status darurat narkoba,” ungkap Keplala BNN Budi Waseso.

Menurutnya, kerja sama dalam rungan lingkup penyebarluaskan informasi melalui edukasi, sosialisasi, dan advokasi dalam rangkah pengawasan atas pelaksanaan UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika serta mendukung penyelenggaraan kegiatan.

P4GN, lanjutnya, merupakan peluang dan potensi besar yang dapat didayagunakan untuk mengoptimalkan langkah-langkah koncret penanganan untuk mengopatimalkan langkah- langkah konkret dalam upaya penanganan permasalah narkotika dan prekursor narkotika.

“Publisitas  anti narkoba yang nantinya akan dilakukan secara massif oleh BNN dan DPD RI diharapkan dapat membentuk paragdima dan sikap yang positif serta produktif, sehingga masyarakat tidak pernah berfikir ataupun beniat untuk menyalahgunakan narkotika dalam bentuk apapun,” tandas Buwas.

Dikatakannya, BNN menaruh harapan besar kepada DPD RI  dan instansi lembaga terkait lainnya untuk terus mendukung kinerja BNN dalam upaya penanganan kejahatan narkotika baik di bidang pencegahan maupun pemberantasan terhadap penyalagunaan peredaran gelap narkotika di Indonesia.

“Kerja dama ini juga diharapkan dapat mendorong lembaga lainnya untuk turut berperan serta dalam perang malawan narkoba yang tengah dilakukan oleh negara ini demi menyelamatkan generasi muda penerus bangsa,” tutup Buwas. (timyadi/win)