Sunday, 18 November 2018

Rawan Bencana Rob, Warga Pejagalan Simulasi Bencana

Kamis, 9 Maret 2017 — 21:56 WIB
Para peserta simulasi tanggap bencana foto bersama. (wandi)

Para peserta simulasi tanggap bencana foto bersama. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, merupakan wilayah di bawah permukaan air laut. Sehingga jika terjadi hujan maupun air pasang dipastikan akan menimbulkan genangan ataupun rob (banjir akibat air laut pasang).

Oleh karena itu, diperlukan perisipan dengan berbagai upaya untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Seperti yang dilakukan oleh  salah satu organisasi ke masyarakan bersama dengan  Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara menggelar kegiatan simulasi tanggap bencana banjir, di aula Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Kami (9/03).

Dalam kegiatan ini sebanyak 30 warga dari sejumlah RT/RW mengikuti kegiatan ini.  “Sebanyak 30 orang mengikuti pelatihan ini. Dengan adanya simulasi bencana banjir membuat masyarakat siap siaga,”kata Sekretaris Kelurahan Pejagalan, Ichsan Firdaosyi.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan siap siaga bencana yang sulit diprediksi. Diharapkan dengan cara seperti ini pada saat musibah terjadi musibah akan dapat diatasi dengan cepat.

lokakarya

Dalam menjalankan simulasi rencana kontijensi bencana banjir tersebut, pihak penyelenggara melibatkan masyarakat, Sudin Sosial, Sudin Damkar, PMI Jakut, Satpol PP, Puskesmas dan aparat kelurahan.

Sementara itu Taufik,43, salah seorang warga mengaku sangat senang dan mendukung adanya kegiatan ini. Menurutnya, dengan pemahaman ini dirinya mengetahu apa-apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

“Jika tidak ada kegiatan seperti ini kami pasti tidak akan mengetahui bagai mana cara menyelamatkan orang lain. Ini sangat penting sehingga kami warga disini sangat mendukungnya,”jelas Taufik. (Wandi/win)