Sunday, 18 November 2018

Korupsi Asian Games

Erick Thohir Segera Diperiksa Polda Metro Jaya

Jumat, 10 Maret 2017 — 11:40 WIB
Erick Thohir. (ist)

Erick Thohir. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya memastikan pemeriksaan terhadap Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, terkait korupsi sosialisasi Asian Games yang di lima kota akan segera dilakukan.

“Saya pastikan pemeriksaan dalam bulan ini dan akan saya beritahu tentang tanggal nya nanti ,” kata Kasubdit V Tipikor AKBP Ferdy Iriawan ketika dihubungi wartawan.

Menurut AKBP Ferdy Irawan, Erick Thohir akan dimintai keterangan seputar tanggung jawabanya sebagai Ketua Umum KOI. “ Ya akan diperiksa sebagai ketua Umum KOI selaku tugas dan tanggung jawabnya ,” ujar Ferdy Irawan.

Sementara Erick menyatakan kesiapannya untuk diperiksa penyidik Kepolisian. “Sebagai warga negara Indonesia yang baik dan taat kepada hukum siap diperksa apapbila dipanggil oleh kepolisian.Dan Saya akan hormati pemanggilan tersebut,” ujarnya dalam siaran persnya.

Bahkan dalam pernyataannya, Erick siap dipenjara jika terbukti bersalah. “Saya siap dipenjara. Tapi jelas hal ini jangan dipolitisir,” ujar Erick.

Sebelumnya, Komite Eksekutif (KE) Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah  menjalani pemeriksaan di Ditreskrimsus Polda  Metro Jaya, Kamis (9/3/2017). “Kedelapan Komite Eksekutif tersebut hadir memenuhi panggilan penyidik ,” ujar Ferdy Irawan.

Ferdy mengungkapkan, akan menunggu adanya kerugian negara dari hasil pemeriksaan BPKP . “ Dari hasil penelusuran BPKP itu baru ditetapkan  tersangka baru,” ungkap Ferdy lagi.

Adapun Komite Ekrekutif KOI yang menjalani pemeriksaan adalah  Dasril Anwar (Wakil Sekjen KOI), Krisna Bayu (Komisi Atlit), Bambang Rus Effendi (Komisi Sport For All), Harry Warganegara (Komisi Sport Development), Syahrir Nawier (Komisi Finance And Budgeting), Leane Suniar (Komisi Sport Medical), Hellen Sarita Delima (Komisi Sport And Law) dan Raja Parlindungan Pane (Komisi Sport Environment). (prihandoko/mb)