Thursday, 27 April 2017

Diluncurkan Mesin Cuci dengan Tombol Khusus Penghilang Noda ‘Kari’

Senin, 13 Maret 2017 — 7:24 WIB
Panasonic mengatakan membutuhkan waktu dua tahun untuk menciptakan model khusus ini dengan melakukan uji kombinasi suhu air dan aliran air.

Panasonic mengatakan membutuhkan waktu dua tahun untuk menciptakan model khusus ini dengan melakukan uji kombinasi suhu air dan aliran air.

MESIN cuci telah diluncurkan untuk pasar India, yang memilki tombol khusus yaitu mampu menghilangkan noda akibat kuah kari.

Perusahaan elektronik Panasonic mengenalkan tombol ‘kari’ di mesin cuci itu untuk menindaklanjuti keluhan pelanggan yang kesulitan membersihkan pakaian akibat noda makanan.

Mereka mengatakan membutuhkan waktu dua tahun untuk menciptakan model khusus ini dengan melakukan uji kombinasi suhu air dan aliran air.

Selain tombol khusus untuk mengatasi noda kari, mesin cuci ini – yang ditujukan bagi konsumen orang-orang India – juga memiliki empat tombol lain, diantaranya tombol untuk menghilangkan noda akibat minyak rambut.

Panasonic mengatakan akan menciptakan mesin cuci dengan model khusus untuk pasar Asia lainnya, yang diklaim akan mampu menanggulangi noda khusus akibat noda makanan khas negara-negara tertentu.

Di India, hanya sekitar 10% warganya yang memiliki mesin cuci. Kebanyakan mereka masih mencuci pakaian dengan menggunakan tangan.

Ini artinya terbuka peluang untuk pertumbuhan pasar bagi perusahaan raksasa elektronik untuk menanamkan investasinya di India. Di sinilah, Panasonic akan bersaing ketat dengan perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang menguasai pasar mesin cuci.

Panasonic mengatakan kepada BBC sejauh inisekitar 5.000 mesin cuci telah dijual di India, dengan target menjual sedikitnya 30.000 buah pada Maret tahun depan.

Harga satu mesin cuci sekitar 22.000 rupee India, sementara mesin cuci dengan model baru akan ada tambahan harga sekitar 10% lebih mahal dari mesin cuci lainnya.

Panasonic telah memasuki pasar India sejak 1990, dengan pertama kali memproduksi mesin penanak nasi dan kemudian mesin pendingin.

Pada Desember tahun lalu, perusahaan ini mengumumkan akan mendirikan pabrik lemari es di negara bagian Haryana di wilayah utara India.(BBC)