Sunday, 15 September 2019

Ratusan Truk Sampah Uji Emisi di Bantargebang

Rabu, 15 Maret 2017 — 11:22 WIB
Kepala Dinas LH DKI Jakarta Isnawa Adji melakuka uji emisi truk sampah di TPST Bantar Gebang. (Joko)

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Isnawa Adji melakuka uji emisi truk sampah di TPST Bantar Gebang. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta melakukan uji emisi terhadap ratusan truk sampah miliknya di TPST Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan uji emisi dilakukan sebagai salah satu langkah Pemprov DKI Jakarta dalam mendukung Program Langit Biru.

“Program Langit Biru bertujuan untuk mengendalikan, mencegah pencemaran udara, dan mewujudkan perilaku sadar lingkungan,” kata Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Isnawa Adji, di TPST Bantar Gebang, Bekasi, Rabu (15/3). Pelaksanaan ini sekaligus sebagai pencanangkan kembali kegiatan uji emisi kendaraan bermotor di Provinsi DKI Jakarta.

“Kita ingin sampaikan pesan kepada publik bahwa Dinas LH yang mengelola ribuan truk sampah di Jakarta pun, terus berupaya menerapkan kendaraan yang ramah lingkungan,” kata Adji. Pihaknya secara bertahap juga akan mengajak SKPD lain untuk melakukan uji emisi Kendaraan Dinas Operasional (KDO). “Termasuk mengajak perusahaan dan perkantoran swasta,” kata dia.

Pelaksanaan kegiatan uji emisi ratusan truk sampah kali ini sengaja dipusatkan di TPST Bantargebang agar tidak mengganggu operasional angkutan sampah. Pengujian gas buang kendaraan bermotor itu dilakukan oleh UPT Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah DLH Provinsi DKI Jakarta didukung oleh PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) dan PT Astra International Tbk – Isuzu.

Uji emisi dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, perwakilan Pemkot Bekasi dan perwakilan pabrikan truk sampah. Truk sampah yang dinyatakan lulus uji emisi langsung ditempel stiker tanda lulus uji emisi dan dilengkapi kartu lulus uji emisi. Sedangkan truk yang tak lolos uji, diwajibkan diperbaiki di bengkel. Selama belum lulus ujian, truk tersebut tidak dioperasikan.

(joko/sir)