Tuesday, 24 April 2018

Warga Dukung Program DP Rumah Nol Rupiah Anies-Sandi

Rabu, 15 Maret 2017 — 9:20 WIB
Anies disambut warga di Cengkareng, Jakarta Barat. (julian)

Anies disambut warga di Cengkareng, Jakarta Barat. (julian)

JAKARTA (Pos Kota) – Program rumah DP Rp0 (nol rupiah) yang ditawarkan pasangan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno dipertanyakan oleh sejumlah warga di Jalan Selong, Cengkareng, Jakarta Barat.

Pertanyaan soal itu langsung dilontarkan warga ketika Anies berkunjung ke wilayah itu. Meski mempertanyakannya, warga berharap program itu benar-benar bisa direalisasikan. Sehingga bisa membantu warga yang membutuhkan rumah tanpa mengontrak.

“Kami ingin punya rumah pak bukan sekedar ngontrak, lha masa kalau kita kredit motor DP-nya bisa nol kalau rumah kok DP-nya gede banget,” ujar Emi, warga setempat.

Anies pun semakin yakin ingin mewujudkan program tersebut. “Ibu benar, harga motor atau kendaraan apapun akan semakin turun sedangkan tanah dan hunian akan semakin naik, kami ingin warga Jakarta menikmati kenaikan harga itu,” timpal Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, program rumah DP Rp0 bukan berarti Pemprov DKI Jakarta akan membangun hunian untuk warga dan warga bisa membelinya. Namun warga diberikan kebebasan untuk memilih untuk membeli hunian impian mereka.

“Kami bukan membangun komplek, tetapi kami menyiapkan fasilitas pembiayaan untuk warga Jakarta dalam membeli dan memiliki rumah,” katanya.

Menurut Anies, program DP rumah Rp0 sangat ideal bagi warga Jakarta. Apalagi untuk mereka yang baru bekerja dan merupakan keluarga muda untuk memperoleh hunian yang nyaman demi kelanjutan hidupnya.

“Mereka (keluarga muda) masa depannya masih panjang dan kelak mereka bisa bercerita ke anak dan cucunya bahwa membeli rumah di jakarta sangat mudah,” imbuhnya.
(julian/sir)