Sunday, 21 October 2018

Jampidum: Belum Ada Agenda Eksekusi Mati Tahap IV

Kamis, 16 Maret 2017 — 9:06 WIB
ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA (Pos Kota) – Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Noor Rachmad menegaskan pihaknya selaku eksekutor belum memiliki agenda, untuk melaksanakan eksekusi mati gembong narkoba tahap keempat.

“Pemindahan bergelombang narapidana (Napi) mati tidak ada kaitan dengan rencana eksekusi mati tahap empat. Itu kewenangan Kementerian Hukum dan HAM,” kata Noor kepada wartawan, di Kejaksaan Agung.

Sebelum ini telah dilakukan eksekusi tahap pertama dan kedua Sebanyak 14 orang serta empat pada eksekusi tahap ketiga, di sebuah bukit, di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

 
Noor menjelaskan untuk melaksanakan eksekusi mati itu perlu tahapan dan persiapan yang matang, khususnya aspek hukumnya, sehingga tidak bisa sekonyong-konyong dilakukan. “Kita akan beritahukan, bila memang kita akan laksankan eksekusi mati,” terangnya.

Jaksa Agung M. Prasetyo, sebelum ini menyatakan banyak pertimbangan untuk pelaksanaan hukuman mati dan mengingat fokus pemerintah pada masalah ekonomi, maka eksekusi mati belum menjadi prioritas.

 

 
Dalam seminggu terakhir, sejumlah bandar dan gembong narkoba dipindahkan ke Lembaga Pemasyaraktan (Lapad) Batu dan Pernisan, Nusakambangan. Mereka berasal dari sejumlah Lapas Jawa dan Sumatera.

(ahi/sir)