Saturday, 27 May 2017

Peseteruan Fahri-Agus Mau Sampai Mana?

Jumat, 17 Maret 2017 — 6:40 WIB
save

ANGGOTA DPR paling nyali gede tak ada duanya kecuali Fahri Hamzah. Ketika sejumlah nama anggota DPR masuk dakwaan korupsi proyek e-KTP sampai Rp2,3 triliun, dia paling depan membela teman-temannya. Bahkan dengan lantang mendesak Ketua KPK Agus Rahardjo mundur, dan korupsi e-KTP diangkat ke Hak Angket. Sepertinya dia tak takut dituduh macam-macam.

Di mata Wakil Ketua DPR ini, penetapan proyek e-KTP menjadi mega korupsi ini sungguh janggal. Sebab Mendagri Gamawan Fauzi pernah bilang bahwa pengawasan proyek e-KTP paling bagus karena sudah diaudit lewat KPK, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), hingga Kepolisian dan Kejaksaan. Mereka menyatakan tak ada masalah.

Kok tiba-tiba Ketua KPK Agus Rahardjo yang mantan Kepala LKPP menyatakan bahwa proyek e-KTP itu bermuatan korupsi senilai Rp2,3 triliun dari anggaran seluruhnya Rp5,9 triliun. Fahri Hamzah pun menuding, Agus Rahardjo bermain, karena ada konflik kepentingan. Maka katanya, “Sebaiknya Agus Rahardjo mundur saja.”

Sidang kasus e-KTP sudah digelar dua kali. Dari mereka yang disebut dalam dakwaan bahwa telah terima uang segini-segitu, semunya menolak tuduhan itu. Eks Mendagri Gamawan Fauzi saat bersaksi kemarin, malah sumpah-sumpah siap dikutuk rakyat Indonesia dan mati hari ini, jika memang terima duit korupsi e-KTP. Karenanya, Fahri Hamzah bersama stelannya di Senayan, Fadli Zon, menggalang anggota untuk menggelar Hak Angket.

Agus Rahardjo sudah membantah statemen Fahri Hamzah bahwa dirinya bermain. Para anggota DPR yang kebakaran jenggot karena namanya masuk dakwaan, tidak usah panik. Silakan saja membela diri jika menjadi saksi atau malah jadi terdakwa nanti. Yang pasti KPK punya bukti-bukti pendukung, sehingga Jaksa KPK bisa mendakwa demikian.

Sebagai anggota DPR membela kawan sendiri, itu sah-sah saja. Mencurigai data-data untuk dakwaan KPK abal-abal, ya bolah-boleh saja. Yang sangat mengherankan, itu lho nyalinya terlalu gede.

Sekarang kita tunggu, peseteruan Fahri-Agus Mau Sampai Mana?– gunarso ts