Wednesday, 13 December 2017

KY Terima Enam Pendaftar Calon Hakim Agung

Sabtu, 18 Maret 2017 — 9:05 WIB
Komisi Yudisial

Komisi Yudisial

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Yudisial (KY) telah menerima enam usulan calon hakim agung (CHA) 2017.Juru bicara KY Farid Wajdi menyatakan lima orang dari jalur karier dan seorang dari jalur non-karier.

“Dari jenis kamar yang dipilih, dua orang memilih kamar agama, tiga memilih kamar pidana dan seorang kamar perdata, ” kata Farid, di Jakarta, Jumat (17/3).

Farid menjelaakan kelima orang CHA bergelar master (S2) dan seorang bergar doktor (S3). “Lima orang diantaranya hakim dan seorang hakim ad hoc. ”

Guna menjaring dan meningkatkan peminat CHA, KY melakukan sosialisasi dan penjaringan melalui sistem “jemput bola” ke beberapa daerah. Diharapkan melalui kegiatan ini, antusiasme pendaftar seleksi CHA akan meningkat.

Sosialisasi dan penjaringan dilakukan di tiga kota, yaitu Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin (17 Maret 2017), Pengadilan Tinggi Agama Jakarta (22 Maret 2017), dan Pengadilan Tinggi Bandung (22 Maret 2017).

Farid menambahkan penerimaan usulan CHA oleh KY dibuka hingga 29 Maret 2017. Pendaftaran dibuka, sejak 8 Maret 2017.

Seleksi ini untuk mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang terdiri dari: seorang orang kamar pidana, dua orang kamar perdata, seorang kamar agama, seorang kamar militer (berasal dari militer), dan seorang kamar tata usaha negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan). (ahi)