Saturday, 25 March 2017

Airin Minta Akreditasi 11 Puskesmas di Tangsel Dipercepat

Senin, 20 Maret 2017 — 22:06 WIB
Walikota Tangsel Airi Rachmi Diany saat meninjau salah satu Puskesmas di Kota Tangsel. (anton)

Walikota Tangsel Airi Rachmi Diany saat meninjau salah satu Puskesmas di Kota Tangsel. (anton)

TANGSEL (Pos Kota) – Dalam upaya Meningkatkan pelayanan ke masyarakat dalam bidang kesehatan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) bakal mengikuti program akreditasi untuk 11 Puskesmas dari 18 puskesmas yang ada.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berharap kegiatan ini untuk memberikan rasa aman, nyaman dan tenang bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Saya memang sudah meminta jajaran Dinkes untuk mengejar ketertinggalan atau mengikuti program akreditasi bagi puskesmas yang belum memenuhi standar pelayanan untuk dipercepat,” kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany didampingi Plt Dinkes setempat Lestya Windyarti, Senin (20/3).

Dari 18 Puskesmas yang ada baru tujuh Puskesmas yang sudah masuk dan memiliki standar akreditasi sedangkan 11 Puskesmas harus diperbaiki dan mendapatkan akreditasi tersebut sehingga pelayanan kesehatan ke masyarakat dapat terlaksana dengan aman dan nyaman.

“Ini untuk ketenangan dan menyakinkan masyarakat Kota Tangsel bahwa pelayanan kesehatan di Puskesmas tak kalah baik dengan rumah sakit umum atau lainnya,” tuturnya yang berharap secepatnya kegiatan dilakukan.

Sedangkan Plt Dinkes setempat Lestya Windyarti, menambahkan ada tujuh puskesmas yang sudah akreditasi tapi penilaiannya tentunya berbeda satu dengan yang lain. Untuk 11 Pusekesmas lainnya kini tengah mempersiapkan untuk mengikuti program tersebut.

Akreditasi di Puseksmas tersebut secara infrastruktur memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang harus dilengkapi oleh ke 11 puskesmas karena puskesmas merupakan akses pertama yang didatangi pasien untuk berobat sehingga perlu adanya peningkatan pelayanan, kenyamanan dan aman kepada masyarakat termasuk peningkatan sumber daya manusia di puskesmas tersebut.

Persiapan sejak awal Januari 2017 lalu dengan akreditasi itu masyarakat akan mendapatkan pelayanan yakni penguasaan terhadap 144 jenis penyakit dan pelayanan lainnya, tuturnya sekrang taraf inventarisir, koordinasi dan sharing.

Ke 11 puskesmas yang akan mengikuti akreditasi itu antara lain puskesmas Ciputat Timur, Parigi, Bakti Jaya, Pondok Betung, Jurang Mangu, Pondok Ranji, Keranggan, Paku Alam, Pisangan, Pondok Benda dan Serpong 2. (anton/win)