Monday, 20 November 2017

Mobil Dinas Presiden, Rp12 M Ternyata Bisa Mogok Juga

Senin, 20 Maret 2017 — 19:22 WIB
Foto: dok. Biro Pers Setpres

Foto: dok. Biro Pers Setpres

JAKARTA (Poskotanews.com) –Mobil yang dikendarai Presiden Joko Widodo bukan Esemka seperti yang dipopulerkan saat masih menjadi Walikota Solo. Mobil dinas Presiden Mercedes Benz S600 Pullman Guard, mobil mewah kasta tertinggi di kelasnya.

Tapi kabarnya mobil dinas Presiden yang harganya konon mencapai Rp12 miliar itu mogok saat kunjungan kerja di Kalimantan. Presiden baru saja meresmikan 8 Mobile Power Plant (MPP) di Desa Jungkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (18/3) siang.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mobil dinas tersebut termasuk dalam kondisi baik. Karena mobil selalu menjalani pemeliharaan rutin yang terdata, dan setiap bulan diservis.

“Kita periksa karena faktor umur sudah 10 tahunan jadi memang mobil itu ada aja detil kecil yang aus. Tetapi itu masih bisa dipakai,” kata Djumala di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Djumala menegaskan, masalah mobil dinas Presiden sejatinya tidak fatal. Mobil itu tidak rusak, kata dia, cuma karena akselerasinya yang melemah. “Terjadi pelemahan akselerasinya nggak prima. Istilahnya faktor umur. Diinjak gas tidak lari. Untuk ukuran VVIP masih layak,” katanya.

Mobil itu dibeli di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang jumlahnya ada beberapa. Termasuk yang bermasalah itu dibawa dari Jakarta. “Ada enam atau tujuh S-600, itu sesuai standar Presiden. Ada juga yang di atas 2007, cuma tahunnya saya lupa,” kata Djumala. Data yang dihimpun dari berbagai sumber, setidaknya ada 89 kepala negara yang menggunakan kendaraan sejenis.(us)