Sunday, 24 September 2017

Selandia Baru Usir Diplomat AS

Senin, 20 Maret 2017 — 13:49 WIB
Ilustrasi. (reuters)

Ilustrasi. (reuters)

SELANDIA BARU – Seorang diplomat Amerika Serikat (AS) diusir oleh Pemerintah Selandia Baru, karena menolak melepas kekebalan politiknya setelah terlibat dalam kejahatan serius.

Dilaporkan ASP, Senin (20/3/2017), diplomat AS tersebut meninggalkan Selandia Baru bersama anak dan istrinya dengan kondisi hidung patah dan bagian mata menghitam.

Menteri Luar Negeri Selandia Baru Murray McCully mengaku kecewa atas penolakan AS untuk untuk mengesampingkan kekebalan diplomatik diplomatnya. ”Para pejabat di Wellington dan duta besar kami di Washington DC jelas telah menyampaikan harapan ke AS bahwa diplomat asing harus mematuhi hukum di Selandia Baru dan diadili di Selandia Baru,” ujarnya.

Menurut polisi, diplomat AS itu hendak dipanggil terkait insiden di Lower Hutt, di pinggiran Wellington, pada 12 Maret 2017. Namun, upaya penyelidikan terhalang karena diplomat AS tersebut memiliki kekebalan diplomatik.

Media lokal menyebutkan jika diplomat AS tersebut bernama Colin White, yang bekerja sebagai atase teknis yang telah bekerja sama dengan dinas intelijen Selandia Baru, GCSB.

Smentara itu, pihak Kedutaan Besar AS mengatakan mereka telah berunding dengan Selandia Baru terkait masalah yang terjadi. ”Soal kebijakan, kami tidak mengomentari secara spesifik terkait hal-hal dalam penyelidikan. Kami menganggap serius setiap saran bahwa staf kami telah jatuh dari standar perilaku personel pemerintah AS,” seperti tertulis dalam pernyataan kedutaan. (embun)