Wednesday, 22 November 2017

Timor Leste Gelar Pilpres Hari Ini

Senin, 20 Maret 2017 — 14:54 WIB
Warga Timor Leste mengantre untuk memberikan suaranya dalam Pilpres. (reuters)

Warga Timor Leste mengantre untuk memberikan suaranya dalam Pilpres. (reuters)

TIMOR LESTE – Hari ini, Senin (20/3/2017) warga Timor Leste akan memberikan suaranya untuk memilih Presiden. Dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) keempat ini, delapan kandidat berjuang untuk duduk di kursi kepresidenan.

Delapan kandidat itu adalah Francisco Guterres Lu-Olo dari Partai Fretilin, Antonio da Conceicao dari Partai Demokrat, Antonio Maher Fatuk Mutin dari Partai Sosialis Timor, Amorim Dias (independen), Jose Luis Guterres (independen), Angela Freitas Partai Trabalhista (Worker Party), Luis Tilman (independen), dan Aniceto das Neves (independen).

Francisco Guterres atau lebih dikenal dengan nama Lu-Olo, disebut-sebut menjadi calon terkuat pada Pilpres ini. Guterres merupakan pemimpin partai terbesar kedua Fretelin, yang mendapatkan dukungan dari pahlawan kemerdekaan, Xanana Gusmao, dengan partai CNRT pimpinannya.

“Saya yakin akan menang, tak akan ada putaran kedua,” ujar Guterres optimis.

Sekretariat Pelaksana Penyelenggara Pemilu Timor Leste mencatat, terdapat 731.000 pemilih terdaftar dan 944 tempat pemungutan suara (TPS), termasuk di TPS di Lisbon (Portugal) serta Darwin dan Sydney (Australia) yang menampung suara rakyat Timor Leste.