Friday, 20 October 2017

5 Ribu Anak di Kepulauan Seribu Ditergetkan Dapat KIA

Selasa, 21 Maret 2017 — 8:40 WIB
Kartu Identias Anak

PULAU SERIBU (Pos Kota) – Sebanyak 5 ribu anak mulai dari usia 0 hingga 17 tahun ditargetkan oleh Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kepulauan Seribu, tahun 2017 ini seluruhnya memiliki Kartu Identias Anak (KIA).

Terget ini dilakukan tujuannya, agar anak-anak seluruhnya akan mendapatkan akses layanan publik yang lebih mudah dan cepat.

Kepala Sudin Dukcapil Kepulauan Seribu, Rosanny, mengakui pihaknya menargetkan tahun ini seluruh anak-anak dibawah mulai dari usia 0 hingga 17 memiliki kartu KIA. Menurutnya, untuk mendapatkan kartu tersebut para calon pemilik KIA harus memiliki akte lahir.

“Syaratnya memiliki akte kelahiran, kita akan keluarakan KIA anak usia 0-5 tahun kebawah tanpa foto, sedangkan, anak diatas 5 tahun itu pakai foto. Kami menergetkan dalam dua bulan terakhir ini seluruhnya akan selesai,” ujar Rosanny.

Kasudin juga menangatkan, untuk mengejar target ini pihaknya akan melakukan pelayanan dengan mendatangi sekolah-sekolah. Perekaman ini sendiri akan dilakukan setelah selesai jam pelajaran, supaya tidak menggangu mereka saat belajar.

Selain itu untuk, akte kelahiran sendiri itu sudah berdampingan, jadi saat pelaporan akte lahir itu sudah berikut KIA diterbitkan. “Mudah-mudahan selama 2 bulan kedepan 5 ribu anak sudah tercover KIA. Sehingga, mendapatkan akses layanan publik yang lebih mudah seperti membuka rekening bank, berobat di puskesmas atau rumah sakit, mengurus paspor, serta mendapatkan layanan publik lainnya,”tambahnya.

Diakui oleh Rosanny, dari jumlah tersebut saat ini pihaknya sudah mencetak sebanyak 1000 kartu. Makanya dirinya sangat optimis dua bulan kedepan seluruhnya akan terlayanan karena pihaknya setiap harinya petugas bergerak terus serta jumlahnya akan bertambah.

“Pastinya, akan bertambah jumlahnya. Karena kita sudah lakukan pencetakan di 6 Kelurahan Kepulauan Seribu. Kami juga berharap bagi para orang tua yang anaknya belum memiliki KIA ini dihimbau untuk mendatangi kantor keluarahan atau kecamanan agar secepatnya dapat di proses,”pinta Kasadin.

(wandi/sir)