Sunday, 23 September 2018

LSI: Anies-Sandi Unggul di Facebook & Instagram, Ahok-Djarot di Twitter

Selasa, 21 Maret 2017 — 16:20 WIB
Ahok vs Anies(rihadin)

JAKARTA (Pos Kota) – Perang media sosial terus dilakukan para pasangan calon gubernur dalam pilkada DKI 2017. Hal tersebut dilakukan, karena berdasarkan hasil survey yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, sebagian besar warga Jakarta aktif menggunakan media sosial.

Berangkat dari hal tersebut, Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan, sebesar 58,90 persen warga DKI Jakarta menyatakan aktif menggunakan akun media sosial. Mereka selalu mengikuti perkembangan pilkada Jakarta yang saat ini memasuki putaran kedua. “Sedangkan sebesar 40,50 persen tidak aktif di media sosial dan sebanyal 0,60 persen tidak menjawab, katanya, Selasa (21/3).

Melalui media massa itu pula, kampanye hitam dilakukan setiap tim pemenangan. Dimana LSI Denny JA menyebut, media sosial Facebook adalah media sosial paling populer dan paling banyak digunakan responden yaitu sebesar 57,80 persen. Sementara instagram dengan 29,30 persen responden dan ketiga yaitu twitter dengan 17,20 persen. “Dengan memanfaatkan media sosial tersebut, perang antar pendukung kerap terjadi,” ujarnya.

Melalui media sosial itu juga, kata Rully hasil survei yang dilakukan pihaknya, pasangan Anies-Sandi unggul media sosial Facebook dan Instagram. Pada pengguna Facebook di DKI Jakarta, Anies-Sandi memperoleh 47,58 persen, sedangkan Ahok-Djarot memperoleh 43,93 persen. “Untuk media sosial Instagram, Anies-Sandi unggul dengan 49,99 persen sedangkan Ahok-Djarot hanya mendapat 40,73 persen,” ujar Rully.

Sementara untuk twitter, lanjut Rully, pasangan Anies-Sandi memperoleh dukungan lebih rendah dari pada Ahok-Djarot. Perolehan suara Anies-Sandi di twitter hanya sebesar 39,33 persen. Sedangkan Ahok-Djarot unggul dengan perolehan 53,34 persen. “Melalui hasil survey kami, LSI Denny JA menilai pasangan Anies-Sandi yang akan memenangkan pilkada 2017,” ungkapnya.

(ifand/sir)