Tuesday, 23 May 2017

Mobil Presiden Mogok Sungguh…Kelewatan!

Selasa, 21 Maret 2017 — 5:59 WIB
mogok-mobil-jokowi

MOBIL Joko Widodo yang jabatannya Pak RT, bila mogok di jalan wajar-wajar saja. Sebab namanya RT, pensiunan lagi, pasti dananya terbatas. Tapi jika yang mogok adalah mobil Joko Widodo yang Presiden ke-7 RI, ini sungguh… kelewatan! Bagaimana pemeliharaan suku cadangnya? Tapi ya, salah Presiden sendiri, kenapa jadi orang nomer 1 di Indonesia kok mau mobil kepresidenan yang sudah bekas.

Jokowi memang terkenal sosok yang sangat sederhana. Saat menjadi Walikota Solo (2005-2012), mobil dinasnya hanya Toyota Camry bekas walikota sebelumnya, Slamet Suryanto. Ketika jadi Gubernur DKI ke mana-mana juga demennya pakai Kijang Innova saja. Bahkan sering ke Balaikota hanya naik sepeda.

Setelah menjadi Presiden RI, maunya pakai Innova saja, tapi aturan kenegaraan tak membolehkannya. Standar kendaraan dinas Presiden RI memang harus Mercedes Benz S600. Tapi Jokowi masih nawar juga, tidak mau yang baru. Jadilah Presiden RI ke-7 itu menggunakan mobil dinas bekas Presiden SBY, produksi tahun 2007. Bagi Jokowi, yang penting fungsinya, bukan baru atau lama. Toh juga, baru atau lama bayangannya tetap saja sama-sama hitam.

Bagi mereka yang kantong cekak, usia mobil 5 tahun, itu sudah cukup bagus. Bahkan orang kaya di Jakarta, ganti mobil bisa setiap tahun. Tapi Presiden Jokowi, mobil kepresidenan usia 10 tahun masih dipakai juga. Padahal selama menggunakan si Mercy S600 tersebut, beberapa kali mogok. Tahun lalu mogok di Magetan, dan 18 Maret lalu mogok lagi di Mempawah, Kalbar.

Bagian kendaraan mobil Istana, pasti jauh beda dengan bengkel PPD di pelbagai pool. Mana mungkin ada manipulasi-manipulasi sebagai bengkel angkutan milik BUMD. Jika mobil presiden saja bisa mogok, ini mengingatkan lagu ‘Si Jago Mogok’-nya Titik Sandhora di tahun 1967 dulu. Mogok lagi, mogok lagi, apaan..! – gunarso ts