Monday, 29 May 2017

Pep Guardiola Fokus Pikirkan Laga City versus Arsenal

Selasa, 21 Maret 2017 — 8:04 WIB
Pep Guardiola sudah tidak ambil pusing soal kans juara Liga Inggris (reuters)

Pep Guardiola sudah tidak ambil pusing soal kans juara Liga Inggris (reuters)

INGGRIS – Kans Manchester City untuk menjuarai Liga Primer Inggris musim ini, menjadi sangat mustahil setelah mereka gagal menjaga jarak 10 angka dari pimpinan klasemen, Chelsea. Situasi itu terjadi setelah tim asuhan Pep Guardiola itu ditahan oleh tamunya Liverpool 1-1 di Stadion Etihad, Senin (20/3) dinihari WIB.

Dengan tambahan satu angka itu, City dengan total 57 poin dari 28 laga, kini tertinggal 12 angka dari Chelsea di pucuk klasemen. Minilik pada 10 laga tersisa di antara kedua tim musim ini, City bahkan masih harus melakoni sejumlah laga berat, seperti melawat Arsenal dan Chelsea, kemudian menjamu Manchester United (MU) di Etihad. Itu artinya, akan sangat mustahil bagi City mengejar ketinggalan mereka dari Chelsea yang hanya butuh tujuh kemenangan lagi untuk menyegel gelar Liga Primer.

Tidak heran jika Guardiola ogah ambil pusing, saat ditanya soal kans timnya menjadi juara.Ia justru lebih tertarik untuk membicarakan laga berikutnya melawan Arsenal pada awal April mendatang di semifinal Piala FA.

“Saya pikir setiap laga adalah sama. Tidak ada yang mudah bagi semua tim memenangi sebuah laga di penghujung musim ini. Kami hanya ingin fokus pada setiap laga, bukan hitung-hitungan matematika karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di akhir musim. Sekarang kami hanya ingin mempersiapkan diri untuk laga selanjutnya, melawan Arsenal. Yang harus kami lakukan adalah tidak kebobolan lebih dulu dan menciptakan peluang,” kata Guardiola, seperti dikutip Sky Sports.

RINGANKAN BEBAN

Bagi Guardiola, sangat penting bagi timnya untuk tidak kebobolan lebih dulu demi meringankan beban mereka kala melawan Arsenal nanti. Hal itu dialami Sergio Aguero dan kawan-kawan yang harus bekerja keras untuk menghindari kekalahan saat bermain 1-1 kontra Liverpool.

City harus kebobolan lebih dulu, lewat gol James Milner (penalti, 51″). Beruntung, tim berjuluk The Citizen itu terhindar dari kekalahan, berkat gol Aguero (69″) untuk menyudahi laga dengan skor akhir 1-1. Guardiola mengaku senang karena timnya mampu memberi respon usai tersingkir dari Liga Champions.

Sementara di laga lainnya, Tottenham Hotspur sukses mengalahkan Southampton 2-1 untuk mengamankan posisi mereka di urutan kedua klasemen. Dengan 59 poin dari 28 laga, skuad asuhan Mauricio Pochettino itu unggul dua angka di atas City. (junius)