Tuesday, 23 May 2017

Tiga Saksi Meringankan Ahok Siap Hadir di Persidangan

Selasa, 21 Maret 2017 — 6:12 WIB
Ahok dan  tim penasehat hukumnya dalam sidang yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Ahok dan tim penasehat hukumnya dalam sidang yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

JAKARTA (Pos Kota) – Tiga saksi meringankan untuk Ahok mengaku siap hadir di sidang
Pengadilan Negeri Jakarta Utara hari ini, Selasa, (21/3/2017). Sidang dalam kasus penodaan agama itu kembali digelar di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian (Kementan), Jalan RM Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Kita akan hadirkan beberapa¬† ahli, yakni ahli agama Islam KH Ahmad Ishomuddin, ahli bahasa Prof. Dr. Rahayu Surtiati, dan ahli hukum pidana C. Djisman Samosir, SH, MH,” ujar Triana Dewi Seroja, salah satu tim penasehat hukum Ahok saat dihubungi poskotanews, Senin, (20/3/2017) malam.

“Hingga saat ini mereka sudah confirmed akan hadir untuk memberikan pendapatnya di persidangan Pak Basuki,” tandasnya.

Sidang ke limabelas yang akan dijalani Ahok ini dijadwalkan akan dimulai pada Pukul 09.00 WIB dengan di pimpin oleh Hakim Ketua Dwiarso Budi Santiarto.

Menurut Triana, ahli agama KH Ahmad Ishomuddin merupakan Rais Syuriah PBNU sekaligus dosen Fakultas Syuriah IAIN Raden Intan, Lampung. Sedangkan ahli bahasa Prof. Dr. Rahayu Surtiati adalah Guru Besar Linguistik Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia (UI), Depok. Sementara ahli hukum pidana C. Djisman Samosir, SH, MH, adalah Dosen Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahja Purnama atau Ahok menjadi terdakwa karena dinilai telah menistakan agama Islam saat berkunjung ke Kepulauan Seribu. Pasalnya, saat pidato dirinya menyinggung Surah Al-maidah ayat 51.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Ahok dengan Pasal 156 (a) KUHP tentang Penistaan Agama dengan ancaman penjara paling lama lima tahun. (Yendhi)