Saturday, 20 July 2019

Bupati Kecewa Perkembangan Penghijauan di Pulau Seribu

Rabu, 22 Maret 2017 — 19:12 WIB
Lokasi yang menjadi program penghijauan Sudin KPKP di Pulau Seribu yang mati suri. (wandi)

Lokasi yang menjadi program penghijauan Sudin KPKP di Pulau Seribu yang mati suri. (wandi)

PULAU SERIBU (Pos Kota) – Program gang hijau di kawasan sempit  di sebelas wilayah Pulau Pemukiman tahun 2016 lalu, tahun ini mati suri atau tidak berjalan dengan baik. Padahal, selama ini Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahan Pangan (KPKP) selalu memberikan laporan yang baik-baik saja.

Padahal kenyataannya penanaman sayur dan tanaman obat sudah tidak dilakukan oleh warga. Tentu kondisi ini bukan hanya dikeluhkan oleh warga masyarakat yang ada di sebelas pulau pemukiman penduduk saja, tapi aparat pemerintahan juga mengeluhkannya.

Seperti yang diungkapkan oleh Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo. Dia mengaku sangat kecewa dengan kenerja Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan yang selama ini melaporkan baik-baik saja tapi kenyataannya di lapangan tidak ada aktivitas sama sekali.

“Selama ini kalau laporan kepada saya Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan baik-baik saja. Tapi kenyataanya di lapangan tidak ada aktivitas, ini bukan hanya sekedar berlapor dan foto lalu dikirim ke Gubernur saja tetapi hari ada kerjanya,” tegas Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo dengan kesal, Rabu (21/3).

Untuk itu dirinya minta kepada Sudin Kelautan, Pertanian dan Ketahan Pangan (KPKP) untuk segera mengambil langkah. Selain itu program-programmya harus menyentuh masyarakat langsung. Bukan hanya sekedar menyenangkan Gubernur saja, tapi bisa mengantisipasi perubahan iklim.

“Buat banyak program yang dampaknya tidak langsung dirasakan masyarakat di pulau. Karena ini, menjadi perhatian dunia, bukan cuma Indonesia. Bisa terkait ketahanan pangan, sayur-mayur, ikan dan benihnya,” ujarnya dengan nada tinggi.

Menanggapi keluhan itu, Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Sutrisno mengatakan, gang hijau merupakan program tahun 2016 dari Dinas KPKP DKI Jakarta, untuk di Kepulauan Seribu ada 25 gang yang ditunjuk menjadi pailot project gang hijau.

“Itu bukan tidak berhasil, tapi pembinaan tetap kita lakukan. Bupati inginnya semua gang di Pulau Pemukiman hijau semua,” tandas Sutrisno. (wandi/win)