Sunday, 18 November 2018

Dua Sungai Suci di India Secara Hukum ‘Diperlakukan Seperti Manusia’

Rabu, 22 Maret 2017 — 16:25 WIB
Sungai Gangga dan Yamuna disembah oleh jutaan umat Hindu, tetapi juga tercemar.

Sungai Gangga dan Yamuna disembah oleh jutaan umat Hindu, tetapi juga tercemar.

INDIA– Pengadilan di bagian utara India memberikan status hukum kepada Sungai Gangga dan Yamuna layaknya seperti ‘manusia yang hidup.’

Pengadilan tinggi di negara bagian Uttarakhand mengatakan, putusan ini akan membantu ‘pelestarian dan perlindungan’ dua sungai yang sangat tercemar itu.

Mereka menambahkan bahwa ‘status hukum’ itu berarti bahwa mencemari sungai kini dianggap setara dengan tindakan melukai manusia.

Dua sungai itu dianggap suci di India dan dipandang sebagai sosok dewi bagi pemeluk Hindu yang merupakan mayoritas di India.

Keputusan ini dibuat beberapa pekan setelah Sungai Whanganui di Selandia Baru menjadi sungai pertama yang diberi hak hukum yang sama sebagai manusia.

Dalam putusan, mereka mengatakan umat Hindu memiliki ‘kepercayaan yang mendalam’ pada dua sungai ini dan mereka ‘secara kolektif terhubung dengan sungai.’

“Dua sungai ini adalah pusat eksistensi setengah populasi India dan kesehatan serta kesejahteraan. Mereka menyediakan baik berkah fisik maupun spiritual untuk kita semua sejak dulu.”

Tapi pengadilan juga mengatakan dua sungai ini sangat tercemar karena industrialisasi dan urbanisasi yang cepat.

Dua pejabat tinggi telah ditunjuk untuk menjadi ‘wali hukum’ untuk sungai ini dan akan mewakili hak mereka.

Aktivis mengatakan keputusan ini bisa mempercepat upaya pembersihan sungai. (BBC)