Wednesday, 19 September 2018

Tahun Ini, Jakbar Bangun 20 RPTRA

Jumat, 24 Maret 2017 — 13:09 WIB
Walikota Jakbar, HM Anas Efendi tengah memotong tumpeng pada tasyakuran peresmian RPTRA Manggis. (tarta)

Walikota Jakbar, HM Anas Efendi tengah memotong tumpeng pada tasyakuran peresmian RPTRA Manggis. (tarta)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemko Jakarta Barat (Jakbar) terus berusaha menambah jumlah Ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA). Tahun 2017 rencananya dibangun 20 RPTRA yang ada di sejumlah wilayah. Sementara saat ini yang sudah ada sebanyak 36 lokasi.

“RPTRA di Jakbar saat ini berjumlah 36 lokasi, tahun 2017 akan dibangun 20 titik. Lahannya sudah ada, tinggal dibangun saja,” jelas Walikota Jakbar, HM Anas Efendi, Jumat (24/3/2017).
Sementara untuk DKI Jakarta tahun ini rencananya dibangun 200 RPTRA. Di mana 100 dibangun dengan APBD dan 100 RPTRA dibangun oleh Corporate Social Responsibility (CSR). Gubernur menginginkan setiap RW memiliki RPTRA, terutama di lingkungan padat penduduk.

“Diupayakan masing masing kelurahan ada RPTRA. Saat ini masih ada wilayah kelurahan yang belum memiliki RPTRA, seperti wilayah Kecamatan Palmerah, baru ada satu RPTRA di Kelurahan Kemanggisan,” jelas Anas.

Sementara itu, Camat Palmerah, Zery Ronazy mengatakan di wilayah Kecamatan Palmerah, baru ada RPTRA Manggis di RW 05 Kelurahan Kemanggisan yang dibangun dengan dana APBD. RPTRA ini mempunyai perbedaan dengan yang lain, yaitu adanya taman yang ditanami beragam jenis tanaman obat keluarga dan nuansa budaya Indonesia.

“Kami memang baru memiliki satu RPTRA, tapi di dalam RPTRA Manggis ini, ada taman yang dibuat oleh masing masing kelurahan. Enam kelurahan membuat taman dengan berbagai jenis tanaman hias dan toga,” katanya, usai tasyakuran peresmian RPTRA Manggis yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan gunting/pelepasan balon oleh walikota.

(tarta/sir)