Wednesday, 13 December 2017

KY Perpanjang Pendaftaran Penerimaan Calon Hakim Agung

Jumat, 31 Maret 2017 — 7:01 WIB
Komisi Yudisial

Komisi Yudisial

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Yudisial (KY) memperpanjang masa penerimaan usulan seleksi calon hakim agung (CHA) Tahun 2017 hingga 7 April 2017 dari semula Rabu 29 Maret 2017.

Juru bicara KY Farid Wajdi menyatakan perpanjangan ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada calon potensial yang masih belum sempat mendaftar dalam seleksi ini.
“Hingga Rabu (29/3) pukul 16.00 WIB, KY menerima 69 nama usulan CHA. Mereka, terdiri 37 orang dari jalur karier dan 32 orang dari jalur nonkarier,” katanya, Kamis (31/3).

Guna menjaring lebih banyak calon yang diusulkan untuk mengikuti seleksi, KY dalam waktu tersisa ini akan kembali melakukan penjaringan ke lokasi-lokasi yang dianggap mempunyai potensi pendaftar.

“Selain itu, KY akan memaksimalkan Penghubung KY di beberapa wilayah untuk melakukan sosialisasi sehingga calon potensial tertarik untuk mengikuti seleksi CHA Tahun 2017 ini ” jelas Farid.

SELEKSI ADMINISTRTASI

Menurur Farid, setelah masa penerimaan usulan CHA ditutup pada 7 April 2017 pukul 16.00 WIB, KY akan melakukan seleksi adminstrasi.

“Seleksi administrasi ini dilakukan dengan cara meneliti berkas kelengkapan CHA sesuai dengan persyaratan administratif.”

Langkah berikutnya, KY akan mengumumkan daftar nama CHA yang telah memenuhi persyaratan administrasi dalam jangka waktu paling lama 15 hari.

“Bagi CHA yang lolos seleksi administrasi akan menjalani serangkaian tahapan, di antaranya: seleksi kualitas, seleksi kesehatan dan kepribadian, serta wawancara terbuka. Terakhir, KY akan mengusulkan pengangkatan hakim agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan.”

Seleksi ini guna mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA) yang terdiri satu orang kamar pidana, dua orang kamar perdata, satu orang kamar agama, satu orang kamar militer (berasal dari militer), dan satu orang kamar tata usaha negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan). (ahi)