Saturday, 17 November 2018

Massa Pendemo 313 Dilarang Demo di Depan Istana

Jumat, 31 Maret 2017 — 16:42 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar

JAKARTA (Pos Kota) – Massa aksi 313 batal berorasi di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (31/3/2017). Pengunjuk rasa hanya boleh longmarch sampai ke kawasan Patung Kuda dan berorasi di sana sebab polisi telah menseterilkan kawasan di sekitar Istana Merdeka hingga ke Jalan Medan Merdeka Barat.

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menegaskan, sterilisasi kawasan Istana dari pengunjuk rasa sudah sesuai prosedur oleh Polda Metro Jaya.

“Karena sudah diatur tempatnya ya. Untuk unjuk rasa itu sudah diatur lokasinya,” kata Boy, di Pos Pengamanan Polres Metro Jakarta Pusat di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (31/3/2017) siang.

Boy merasa yakin massa tetap dapat berunjuk rasa dengan tertib dan damai. Sebab, menurutnya, Polda Metro Jaya sudah berkoordinasi dengan pihak pendemo.

“Berlangsung damai. Dan alhamdulillah karena kita sudah sepakat untuk unjuk rasa dilakukan secara damai. Itu sudah kita upayakan terus menerus.Sampai siang tadi, setelah salat Jumat, sebelumnya pun sudah diajak untuk damai. Mudah-mudahan damai terus,” ujarnya.

Boy menyebut perwakilan pengunjuk rasa yang melibatkan massa dari berbagai elemen ini akhirnya diterima di kantor Menkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat bukan Istana. Menurutnya, para perwakilan itu pun dapat memahami alasannya digeser ke Menkopolhukam.

“Intinya tidak selalu harus diterima di istana dong. Kan gak selalu harus,” katanya.

Lebih lanjut Boy pun mengimbau kepada massa pengunjuk rasa agar tetap berunjuk rasa dengan tertib, tidak melakukan pengrusakan.

“Ya kepada saudaraku, harapan kita laksananlah unjuk rasa itu sesuai dengan undang-undang 998 di mana kita harus menjaga ketertiban, tidak boleh melakukan pengrusakan, tidak boleh melakukan aksi kekerasan terhadap masyarakat lainnya,” imbuhnya.

“Unjuk rasa adalah hal yang biasa di negara demokrasi. Kemudian juga kepolisian akan tetap setia mendampingi para pengunjuk rasa sampai selesai. Dan mohon untuk tidak melampaui jam yang sudah disepakati. Tidak boleh melampaui jam 18.00,” tuntasnya. (julian)