Wednesday, 13 December 2017

DPRD Sukabumi Apresiasi Bupati Luncurkan SiMaya

Sabtu, 1 April 2017 — 8:29 WIB
Ketua Fraksi Partai Golkar Deni Gunawan

Ketua Fraksi Partai Golkar Deni Gunawan

SUKABUMI (Pos Kota) – DPRD Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengapresiasi Pemda meluncurkan Aplikasi Perkantoran Maya (SiMAYA), dalam proses surat menyurat di internal pemerintahan. Pasalnya, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut dinilai dapat menghemat belanja pengeluaran, terutama alat tulis kantor (ATK).

“Kemajuan teknologi dan informasi sekarang ini merupakan keniscayaan. Sehingga begitu pemkab memanfaatkan teknologi untuk kepentingan dinas, patut diapresiasi. Ini merupakan sebuah langkah maju,” kata Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi kepada poskotanews.com, Jumat (31/03/2017).

Senada juga disampaikan Ketua Fraksi Partai Golkar Deni Gunawan. Menurut pria yang menjabat Sekretaris Komisi I DPRD ini, pelaksanaan SiMAYA perlu didukung semua stakeholder. Sebab, selama ini proses surat menyurat bersifat konvensional kurang efektif dan efisien terhadap waktu serta pemborosan kertas dan tinta.

“Dengan lahirnya SiMAYA ini, tentu saja memangkas biaya maupun waktu. Kami (DPRD) mendukung program ini. Dengan SiMAYA dapat mengurangi biaya dan waktu dalam proses surat menyurat,” tegas Deni.

Diberitakan, dalam proses surat menyurat di lingkungan kantor, Pemkab meluncurkan Aplikasi Perkantoran Maya (SiMAYA).

Bupati Sukabumi Marwan Hamami menilai, proses surat menyurat konvesional selama ini kurang efektif dan efisien terhadap waktu serta pemborosan kertas dan tinta.
Dicontohkannya, ketika organisasi perangkat daerah (OPD) menerima surat melalui bagian arsiparis, maka sang arsiparis akan menempelkan kartu disposisi lalu diserahkan kepada pimpinan untuk mendisposisi surat tersebut.

Tak kelar sampai di sana. Lalu, surat masuk itu diserahkan kepada pejabat yang diberikan disposisi oleh pimpinan.

“Begitupun ketika membuat surat keluar, maka proses surat menyurat secara manual ini mempunyai beberapa kekurangan. Kurang efektif dan efisien,” jelas Marwan.

Dengan hadirnya SiMAYA ini, lanjut Marwan, diharapkan proses surat menyurat tadi bisa lebih efisien, efektif serta menghemat dalam penggunaan kertas. Bahkan sangat dimungkinkan bahwa kedepannya tidak membutuhkan kertas atau setidaknya mengurangi penggunaan kertas.

“Sehingga kita bisa mendapatkan penghematan belanja alat tulis kantor jadi bisa dimanfaatkan untuk belanja lain yang lebih bermanfaat,” ungkapnya. (sule)