Tuesday, 13 November 2018

UNBK di Depok, Siswa: Lebih Praktis Ketimbang Ujian Pakai Kertas

Senin, 3 April 2017 — 12:05 WIB
Suasana saat siswa mengerjakan soal  UNBK

Suasana saat siswa mengerjakan soal UNBK

DEPOK (Pos Kota) – Meski baru pertama melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Mamun Education Center (AMEC), Bojongsari, Kota Depok, Senin (3/4/2017) siang, para siswa tidak ada kesulitan dalam mengerjakan soal ujian.

Desi Ratnasari, 18, kelas 12 jurusan Keperawatan ini,  mengaku meski masih terbilang baru ujian berbasis komputer, namun dirinya tidak menemui kendala berarti dalam mengerjakan soal-soal ujian.

“Lebih praktis ini ketimbang soal ujian lembar komputer yang menggunakan kertas. Selain tidak menggunakan papan berjalan dan pensil 2b komputer. Dalam UNBK hanya tinggal menjawab pilihan ganda dengan waktu 2 jam untuk 50 soal,”ujarnya kepada poskotanews.com.

Sementara itu, Direktur AMEC, Drs. Mamun Ibnu Ridwan Msi, mengatakan antisipasi akan terjadinya mati lampu atau kendala dalam sistem server pelaksanaan UNBK. Mamun telah menyediakan alat cadangan kelistrikan seperti genset dan jaringan server.

“Untuk pelaksanaan UNBK ini diikuti oleh 76 siswa terdiri dari jurusan keperawatan, farmasi, dan multimedia. Untuk itu antisipasi terjadi kendala di dalam perjalanan seperti mati lampu atau kerusakan jaringan dan komputer sudah kita siapkan masing-masing cadangannya,”ujarnya.

Sementara itu dalam menghadapi UNBK, lanjut Mamun dari jauh hari pihaknya melalui para guru telah melakukan simulasi selama empat hari.

“Jadi setiap ada gangguan sudah dapat kita atasi. Berharap anak-anak yang ujian tetap konsentrasi dalam menjawab pertanyaan soal didalam server,”tutupnya.

“Pelaksanaan UNBK selama empat hari dimulai Senin ini. Untuk tenaga guru pengawas dilakukan dari pihak sekolah. Selain itu para siswa tidak ada kesempatan menyontek lantaran dalam komputer.”
(angga/sir)