Wednesday, 13 December 2017

KY Terima 75 Nama Usulan Calon Hakim Agung

Selasa, 4 April 2017 — 8:50 WIB
Komisi Yudisial

Komisi Yudisial

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Yudisial (KY) telah menerima pendaftaran sebanyak 75 orang calon hakim agung (CHA). Pendaftaran dibuka sejak, Rabu (8/3) dan ditutup, Jumat (7/4/2017), pukul 16.00 WIB.

Juru bicara KY Farid Wajdi menyebutkan sebanyak 41 orang diantaranya berasal dari jalur karier dan sisanya, sebanyak 34 orang dari jalur non-karier.

“Dari jumlah tersebut, sebanyak 47 orang bergelar doktor (S3), 27 orang master (S2) dan bergelar sarjana (S1) satu orang, ” kata Farid, di Jakarta.

Menurut Farid, seleksi CHA 2017 ini guna mengisi kekosongan enam jabatan hakim agung di Mahkamah Agung (MA). Terdiri, seorang kamar pidana, dua orang kamar perdata, seorang kamar agama, seorang kamar militer (berasal dari militer), dan seorang kamar tata usaha negara (yang memiliki keahlian hukum perpajakan).
“Mereka yang terdaftar akan mengikuti serentetan seleksi sampai akhirnya akan diusulkan KY ke DPR guna mendapatkam peesetujuan.”

Seleksi yang akan dijalano, mulai seleksi adminiatratif, selekai kualitas, seleksi kesehatan dan kepribadian sampai wawancara terbuka.

(ahi/sir)