Wednesday, 19 September 2018

Miryam Tersangka Keterangan Palsu, Siapa Menyusul…

Rabu, 5 April 2017 — 22:28 WIB
Miryam S Haryani

Miryam S Haryani

JAKARTA (Poskotanews.com) –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak main-main untuk menjadikan tersangka bagi saksi yang memberikan keterangan palsu seperti Miryam S Haryani. Politisi Hanura itu ditetapkan sebagai tersangka karena KPK memiliki bukti permulaan cukup, yang bersangkutan memberi keterangan palsu.

“Kemungkinan terbuka bagi saksi lain yang memberikan keterangan palsu, sepanjang menurut penyidik ditemukan bukti permulaan yang cukup atau dua alat bukti,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Rabu (5/4/2017).

Febri menyatakan penetapan Miryam sebagai tersangka pemberi keterangan palsu sebagai bentuk peringatan kepada para saksi yang coba bermain-main dengan keterangannya di sidang korupsi E-KTP berikutnya. “Ini peringatan bagi semua saksi termasuk saksi yang akan diperiksa agar memberi keterangan yang sebenarnya,” ujarnya.

KPK telah menetapkan mantan anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani sebagai tersangka dugaan memberi keterangan tidak benar. Keterangan disampaikan dalam persidangan korupsi e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto. Miryam merupakan tersangka ke 4 dalam kaitannya dengan kasus dugaan korupsi e-KTP.(us)