Thursday, 20 September 2018

Perempuan Arab Saudi Protes Larangan Mengemudi

Kamis, 6 April 2017 — 13:15 WIB
Ilustrasi wanita mengemudi. (reuters)

Ilustrasi wanita mengemudi. (reuters)

ARAB SAUDI – Perempuan di Arab Saudi, memang tak memiliki kebebasan penuh seperti di negara lainnya. Mereka dilarang untuk berpergian sendiri, apalagi mengemudi.

Merasa diperlakukan tak adil dan terkekang, sejumlah perempuan di Arab Saudi merekam diri mereka melakukan aksi diam tanpa suara untuk memperjuangkan hak mengemudi, bertepatan dengan kunjungan Perdana Menteri Inggris Theresa May ke negara itu.

Independent, melansir sebuah rekaman yang berisi beberapa perempuan berjalan kaki dan bersepeda seorang diri tanpa ditemani kerabat laki-laki. Rekaman aksi protes para perempuan tersebut disebarkan di media sosial dengan tagar #resistancebywalking.

“Kami ingin mendorong para perempuan untuk berjalan sendirian atau melakukan tugas sehari-hari sendiri, tanpa perlu pengawasan laki-laki,” kata koordinator kampanye, Mariam Alhubail, melalui akun Twitter @ms_freespeech.

Aktivis lain mengatakan, jika lelaki di keluarganya lebih menekankan larangan tentang mengemudi. “Mereka tak peduli jika saya berjalan. Yang membuat mereka protes adalah jika saya mengemudi dan melakukannya sendiri tanpa laki-laki,” tulis dia melalui Twitter.

Seperti diketahui, larangan mengemudi di Arab Saudi diberlakukan Kementerian Dalam Negeri sejak 1957. Selain menyetir sendiri, perempuan Arab Saudi juga dilarang melakukan bisnis resmi seperti membuka rekening bank atau menjalani prosedur medis tertentu tanpa izin dari wali laki-laki. (embun)