Thursday, 18 October 2018

Unggas di Kamal Muara Dirazia Petugas

Jumat, 7 April 2017 — 17:42 WIB
Petugas memotong unggas yang diduga terjangkit flu burung. (wandi)

Petugas memotong unggas yang diduga terjangkit flu burung. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Untuk mencegah mewabahnya penyebaran penyakit flu burung dan rabies petugas gabungan dari Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), dan Kelurahan Kamal Muara mensweeping unggas di Jalan Kapuk Kamal Raya RT 03/02, Kelurahan Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Razia dilakukan terkait adanya keluhan dari warga maraknya unggas yang berkeliaran di lokasi ini. Dalam operasi ini puluhan ekor ayam, bebek, dan burung dara diamankan. Lima ekor ayam yang diduga terindikasi flu burung dipotong.

Lurah Kamal Muara, Dwi Panji Forkiantoro mengatakan, sebelum penertiban digelar, pihaknya telah memberikan sosialisasi kepada pemilik.

“Dalam razia unggas ini berjalan lancar karena petugas bersama aparat kelurahan dan Sudin KPKP melakukan razia. Diharapkan dengan cara ini kedepan tidak akan ada warga yang terkena unggas,”terang Dwi Panji Forkiantoro, Jumat (07/04).

Kasudin KPKP Rita Nirmala, mengakui pihaknya akhir-akhir ini rutin menggelar operasi unggas dan hewan penyebar rabies. Ini dilakukan tujuannya untuk mengantisipasi adanya warga yang terkena penyakit tersebut.

“Operasi ini kami lakukan tujuannya untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian Pemeliharaan dan Peredaran Unggas,” kata Rita Nirmala.

Dalam razia ini, pihaknya selain menerjunkan petugas, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (KPKP) juga, Satpol PP Jakarta Utara dan Polri. (wandi)