Wednesday, 14 November 2018

Dituduh Anies Mau Gusur 300 Lokasi, Ahok : Itu Fitnah Bos!

Minggu, 9 April 2017 — 7:20 WIB
Ahok bersama pendukung Fil Labuhan Hati

Ahok bersama pendukung Fil Labuhan Hati

JAKARTA (Pos Kota) – Calon Gubernur DKI Jakarta petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok geram dengan pernyataan pesaingnya, cagub Anies Baswedan, yang mengatakan Ahok-Djarot telah menyiapkan penggusuran di 300 lokasi dimana titik tersebut termasuk permukiman kumuh. Menurut Ahok, pernyataan itu adalah fitnah.

“Itu fitnah, bos. Mana ada. Itu titik apa?,” kata Ahok, usai nobar film Labuan Hati bersama pasangannya, cawagub Djarot Saiful Hidayat dan para artis pemeran, di Djakarta Theater XXI, Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/4/2017).

Cagub bernomor urut 2 ini kemudian menjelaskan, yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinannya dan Djarot bukanlah menggusur kampung melainkan merelokasi warga yang tinggal di bantaran kali. Sebab, sesuai aturan tidak boleh ada bangunan berdiri di pinggiran kali.

“Sekarang gini, sepanjang Ciliwung, itu kira-kira 115 kilometer, itu hampir semua rumah-rumah perlu kita pindahkan. Kita baru selesai 50 persen. Itu saja kiri kanan sudah beda. Satu Jakarta Timur satu Jakarta Selatan. Mana pernah sih kita bongkar-bongkar kampung,” ujar mantan Bupati Belitung Timur itu.

“Yang ada kampung mau kita rehab, mau kita bedah rumah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Anies menyebut Ahok-Djarot akan menggusur 300 titik lokasi di Jakarta. Anies mengatakan bahwa data tersebut berasal dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH).so Tak hanya itu, data penggusuran yang dilakukan Ahok juga, menurutnya, dapat dilihat di sejumlah media.

“Ya banyak di berita online itu. Sumbernya banyak dari berita online, bahkan ada di laporan LBH juga ada. Lihat saja di laporan LBH,” kata Anies di Kota Bambu, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat (7/4/2017). (julian)