Friday, 19 October 2018

DKI Siapkan KRL TransJakarta

Senin, 10 April 2017 — 19:11 WIB
Saefullah, Sekda DKI Jakarta.

Saefullah, Sekda DKI Jakarta.

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta berencana membeli enam rangkaian kereta rel listrik (KRL) untuk dioperasikan pada jaringan commuter line. “Kita sedang berencana untuk pengadaan KRL Transjakarta,” ungkap Sekda DKI M. Saefullah di Balaikota, Senin (10/4/2017).

Rencana tersebut didasari oleh minimnya jumlah KRL Commuter Line yang dikelola PT Kereta Api Indonesia (KAI). “Tiap hari, dari pagi sampai malam, KRL yang beroperasi di Jakarta, Bogor dan Depok selalu penuh penumpang. Hal dikarenakan kereta yang ada masih sangat kurang,” paparnya.

Melihat penumpang berdaesakan, maka pembelian enam KRL menjadi solusi. “Berdasarkan penghitungan, untuk pembelian enam kereta tersebut membutuhkan dana sekitar Rp360 miliar,” jelasnya.

Menurutnya, pengelolaan KRL Transjakarta itu nantinya akan dikerjasamakan dengan PT KAI. “Biar dikelola oleh KAI yang sudah terbukti bagus,” tambahnya.

Pertimbangan pemerintah mengadakan kereta baru dikarenakan sebagian besar penumpang merupakan warga DKI maupun warga daerah penyangga yang bekerja di wilayah Ibukota. Semuanya memiliki kontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta sehingga kebutuhan mereka atas KRL tambahan perlu diperhatikan.

Saefullah berharap proyek pengadaan KRL tersebut bisa direalisasi pada APBD Perubahan DKI 2017 atau selambat-lambatnya pada APBD Murni 2018. “Anggaran KRL Transjakarta belum diusulkan pada APBD Murni tahun ini. Tapi nanti bisa diajukan pada APBD Perubahan atau APBD Murni tahun depan,” harapnya. (joko/yp)