Thursday, 24 August 2017

HUT TMII, Satu Tiket untuk Berdua

Senin, 10 April 2017 — 22:47 WIB
Pengunjung di salah satu anjungan di TMII. (ifand)

Pengunjung di salah satu anjungan di TMII. (ifand)

JAKARTA (Pos Kota) – Sambut hari jadinya yang ke-42, pada 20 April 2017, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menggratiskan warga Jakarta yang masuk ke tempat rekreasi Nusantara itu. Bahkan, di pekan ini, dengan membeli satu tiket, bisa digunakan untuk dua orang.

Direktur Utama TMII, Bambang Soetanto mengatakan, langkah yang dilakukan pihaknya merupakan kegiatan rutin yang kerap dilakukan setiap tahun. “Namun yang berbeda di tahun ini, pada pekan menjelang HUT, kami memberikan warga kemudahan dengan membeli satu tiket bisa digunakan dua orang,” katanya, saat jumpa pers, di kantor TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (10/4).

Dengan meringankan biaya masuk bagi pengunjung, kata Bambang, pihaknya pun menargetkan jumlah pengunjung pada pekan HUT TMII ke-42 mencapai 350 ribu orang. Angka itu dinilai bisa tercapai karena rangkaian pertunjukan akan diberikan selama beberapa pekan ini. “Semua anjungan juga akan menampilkan setiap pertunjukannya untuk membayar kangen akan kebudayaan Indonesia,” ujar Bambang.

Berbagai kegiatan menarik itu kata Bambang, akan dimulai pada 16 April yang merupakan pembukaan acara HUT tersebut. Yaitu berupa acara Pawai Budaya Nusantara, Solo Batik Karnival, pameran Batik Solo dan Batik Pekalongan serta festival pencak silat Nusantara. “Puncaknya, nanti akan ada pagelaran Reog Ponorogo yang jumlahnya 60 buah dan akan dapat rekor MURI,” paparnya.

Di usianya yang ke-42 itu juga, lanjut Bambang, pihaknya akan terus melestarikan kebudayaan yang di Indonesia. Terlebih, TMII yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai pelestari budaya, memiliki tanggungjawab besar atas apa yang sudah didapatkan. “Makanya hingga saat ini yang terus kami tonjolkan di TMII adalah kebudayaan Indonesia, ini sudah menjadi komitmen kami,” tukasnya. (ifand/yp)