Monday, 24 July 2017

Anderlecht Rampas Kemenangan MU

Jumat, 14 April 2017 — 5:03 WIB
Pemain-pemain Anderlecht tahan imbang MU 1-1 (reuters)

Pemain-pemain Anderlecht tahan imbang MU 1-1 (reuters)

BELGIA– Hanya dalam tempo tinggal empat menit waktu normal, kemenangan Manchester United sirna dan dipaksa bermain imbang 1-1 oleh tuan rumah Anderlecht dalam leg pertama perempat final Liga Europa.

Pada laga yang dihelat di Stade Constant Vanden Stock, Brussel, Jumat (14/3/2017) dinihari WIB MU unggul terlebih dahulu lewat gol Mkhitaryan pada menit ke -36 namun dibalas tuan rumah lewat gol Dendoncker menit ke-86.

Menghadapi Setan Merah yang memiliki nama besar tidak membuat Anderlecht gentar. Bahkan sejak menit awal mampu menebar ancaman ke pertahanan United.Sepeeti lewat winger yang pernah berkiprah di Thailand, Frank Acheampong pada menit kesembilan serta kans Isaac Thelin pada menit ke-15, namun keduanya tak mengarah ke sasaran.

Sementara United baru mendapatkan peluang melalui tembakan jarak dekat Zlatan Ibrahimovic yang secara gemilang ditepis Ruben Ivan Martinez. Kans belum sirna dengan bola pantulan langsung disambar Jesse Lingar, tapi sayang berarkhir di tiang gawang.

Pertahan ketat Anderlech membuat pemain MU sempat dibuat frustrasi . Namun akhirnya kebuntuan pecah menit ke-36. Diawali aksi gemilang Ruben yang mampu menepis tembakan Marcus Rashford, bola liar kemudian diteruskan Henrikh Mkhitaryan dari sudut sempit untuk menjadi gol bagi United. Hingga babak pertam usai kedudukan 1-0 untuk tim tamu.

Tertinggal satu gol, Anderlecht pada babak kedua langsung menekan lewat aksi Nicolae Stanciu dan Massimo Bruno, dengan nama terakhir memaksa Antonio Valencia melakukan penyelamatan sebelum bola melewati garis gawang.

United membalas pada menit ke-55 dengan tembakan first-time Mkhitaryan yang berakhir tipis di kanan gawang Anderlecht. Peluang itu diikuti dengan ancaman Rashford dua menit berselang melalui tendangan keras dari luar kotak penalti yang arahnya mampu dibaca dengan baik oleh Ruben.

Terus terjadi jual beli serangan dan Anderlecht berusaha mencari gol penyeimbang. Sementara United yang mengandalkan Ibrahimovic di depan juga tetap kesulitan membongkar solidnya pertahanan tuan rumah terlepas kecolongan di babak pertama.

Kegigihan Anderlecht membuahkan hasil empat menit jelang waktu normal laga berakhir dengan munculnya Leander Dendoncker sebagai penyelamat tim dari kekalahan berkat gol sundulannya.

Kedudukan 1-1 ini membuat kans kedua tim untuk lolos ke semifinal masih tetap sama. Hanya saja MU diunggulkan sedikit karena pada leg kedua akan berlaga di kandang. (B)

Hasil leg pertama perempatfinal Liga Europa:

Ajax 2-0 Schalke 04 (Klaassen pen23, 52)

Anderlecht 1-1 Manchester United (Dendoncker 86; Mkhitaryan 37)

Celta Vigo 3-2 Genk (Sisto 15, Aspas 18, Guidetti 38; Boetius 10, Buffel 67)

Lyon 2-1 Besiktas (Tolisso 83, Morel 85; Babel 15)