Wednesday, 19 September 2018

Jalur Puncak Arus Lalu Lintas Padat Sangat Padat

Jumat, 14 April 2017 — 20:29 WIB
Simpang gadog

Simpang gadog

BOGOR (Pos Kota) – Libur panjang Jumat Agung (14/4/2017) dalam rangka memperingati wafatnya Isa Al Masih, jalur wisata puncak Bogor, mengalami kepadatan kendaraan. Arus lalu lintas, hingga pukul 17.00 WIB Jalur Bopuncur (Bogor-Puncak-Cianjur) dan Jalur Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) sangat padat.

Di Gerbang Tol (GT) Ciawi, untuk exit menuju Puncak dan Sukabumi,  terpantau padat, namun tidak terjadi antrian. Sebaliknya, untuk entrance menuju Jakarta, terpantau antrian kendaraan  mencapai 600 meter.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan, dari data yang ada, jumlah kendaraan yang masuk dan keluar melalui GT Ciawi sejak pukul 06.00 hingga pukul 14.00 Wib, kendaraan yang  exit mencapai 13.233 mobil.

Sementara untuk entrance mencapai 6.476 kendaraan. Sedangkan,  untuk simpang Gadog menuju puncak pass ke arah Cianjur terpantau ekor antrian sekitar IPC.

Kamacetan ini merupakan imbas dari pemendingan One Way hambatan Botle Neck Pasir Muncang. Namun arah sebaliknya ramai lancar.

Untuk simpang Megamendung dan Pasar Cisarua, terpantau kedua arah ramai lancar.
Di simpang Taman Safari, situasi arus lalulintas yang ke arah Cianjur ramai. Sebaliknya kendaraan yang mengarah kebawah, terlihat antrian sekitar 500 meter. “Untuk simpang Ciawi, tiga penjuru jalur ramai lancar. Simpang Ratna, terpantau kedua arah ramai lancar,” kata AKP Hasby.

Menghindari terjadinya kepadatan di jalur, kepolisian melakukan rekayasa arus Lalulintas.
One way arah kendaraan dari Jakarta menuju Cianjur, diberlakukan pukul   07.30 Wib hingga pukul 11.00 Wib.

Proses penormalan arus untuk jalur Bopuncur, baru diberlakukan pukul 11.00 WIB. Sementara One way arah Jakarta bagi kendaraan dari puncak, diberlakukan pukul 14.00 WIB.

“Proses penormalan arus kedua  arah pada pukul 16.30 Wib.Saat ini anggota Satlantas Polres Bogor, melaksanakan penarikan arus di masing-masing titik hambat,” kata AKP Hasby Ristama. (yopi/win)