Tuesday, 13 November 2018

Peletakan Batu Pertama RPTRA Semper Barat di Cilincing

Sabtu, 15 April 2017 — 11:49 WIB
Pemkot Jakut, perwakilan Jakpro, dan pihak swasta melakukan peletakan batu pertama pembangunan RPTRA di Komplek Dinas Kebersihan, RW03 Semper Barat, Jakarta Utara. (Ilham)

Pemkot Jakut, perwakilan Jakpro, dan pihak swasta melakukan peletakan batu pertama pembangunan RPTRA di Komplek Dinas Kebersihan, RW03 Semper Barat, Jakarta Utara. (Ilham)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta akan merealisasikan 100 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Tahun 2017,  20 di antaranya berada di Jakarta Utara. Pembangunan RPTRA tersebut merupakan partisipasi pihak swasta serta BUMD.

Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi, mengatakan, sejak 2016 sudah menyelesaikan 42 RPTRA untuk ruang terbuka hijau bagi masyarakat berinteraksi dan berolah raga. Salah satunya pembangunan RPTRA Semper Barat seluas 850 meter persegi milik Dinas Lingkungan Hidup.

“Pembangunan RPTRA ini dilakukan pihak swasta. Kita harapkan dalam kurun waktu tiga bulan sudah selesai pembangunannya,” kata Wahyu, Sabtu (15/4) siang di Komplek Kebersihan RW 03, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara.

Dikatakan, dari total 42 RPTRA dibangun di Jakarta Utara, 31 diantaranya dibiayai APBD Pemprov DKI Jakarta, 10 dari CSR pihak swasta dan BUMD, serta 1 RPTRA dibangun secara swadaya masyarakat setempat.

“Kita juga akan bangun di kelurahan yang belum memiliki RPTRA seperti di Tugu Utara, Tugu Selatan, Kalibaru, dan Cilincing. Kendala keterbatasan lahan akan kita upayakan dengan mencari tanah yang akan dijual oleh pemiliknya,” pungkasnya.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Jakpro, Eri Gunari Prakasa, mengatakan pihaknya juga akan turut membangun RPTRA pertama seluas 2.160 meter persegi di Jalan Pluit Karang Utara pada tahun ini.

“Konsep dari RPTRA ini adalah go green baik dari segi ramah lingkungan dan hemat energi. Menggunakan desain dari Swedia, RPTRA ini akan dilengkapi sarana bermain dan ruang terbuka hijau sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tukasnya.

Pihaknya akan segera melakukan ground breaking dan pembangunan setelah persiapan dari segi pembiayaan, ijin-ijin yang dibutuhkan diurus melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (termasuk IMB). (Ilham/win)