Monday, 01 May 2017

Stres Bisa Picu Munculnya Berbagai Penyakit

Sabtu, 15 April 2017 — 13:58 WIB
Psikolog Liza Marielly Djaprie (ist)

Psikolog Liza Marielly Djaprie (ist)

JAKARTA (Pos Kota)- Jangan abaikan stres. Karena stres berkepanjangan bisa membuat tubuh mengalami sakit. Mulai dari keluhan ringan seperti pegal, kolesterol, darah tinggi, kelelahan hingga kematian akibat jantung maupun tindakan bunuh diri.

Psikolog Liza Marielly Djaprie mengatakan stres bisa disebabkan banyak hal. Penyebabnya, antara lain, pekerjaan yang dikejar deadline, atau hubungan pertemanan yang memburuk bahkan perjalanan yang dilanda kemacetan.

“Aktivitas-aktivitas keseharian kita bisa juga membuat kita stres, dilanda depresi,” kata Liza di sela diskusi publik : Urban Living & Stress Management yang digelar Lembaga Survey Kedai Kopi kemarin.

Data menunjukkan saat ini sekitar 11,6 persen penduduk dewasa mengalami depresi. Dan sebagian besar dari mereka melarikan diri ke gaya hidup berupa nongkrong di cafe sambil makan.

“Jadi tanpa disadari dengan pola makan tersebut badan malah jadi obesitas, penyakit pun berdatangan,” lanjutnya.

Karena itu Lisa menyarankan depresi atau stes dalam level seringan apapun harus diatasi, harus dicarikan solusinya. Tujuannya agar tidak menjadi semakin parah dan berakibat fatal.

Senada dengan Liza, Corporate Business Development Deputy Director PT Kalbe Farma FX Widiyatmo mengatakan tingginya tingkat stres ini perlu diantisipasi oleh masyarakat. Karena stre akan membawa dampak langsung pada kesehatan.

“Masyarakat harus menyadari bahwa stres akan berdampak pada kesehatan jasmani. Stres sangat manusiawi, namun harus dikelola dengan baik. Harus ada keseimbangan dalam hidup agar stres tidak berdampak pada kesehatan,” lanjutnya.

Sementara itu pengamat Ekonomi UI Imaduddin Abdullah mengatakan persoalan finansial menjadi faktor pemicu stres paling dominan pada masyarakat terutama pada masyarakat yang tinggal di perkotaan. Ini terjadi karena hidup di kota biaya hidupnya sangat mahal dan membutuhkan pekerjaan yang memadai untuk bisa menutup semua kebutuhannya. (faisal/win)