Monday, 01 May 2017

Istri Cuma Menolak Dipeluk Kok Suami Mengamuk?

Senin, 17 April 2017 — 5:14 WIB
tonjok

HANYA soal sepele bikin berabe, ini kelakuan Bamukmin, 48, warga Sampit (Kalteng). Tersinggung istrinya, Ema, 41, menolak dipeluk, langsung ngamuk. Istri tak hanya dipukul gagang sapu, tapi juga ditonjok bagian muka. Dengan muka babak belur dia mengadu ke polisi, dan Bamukmin ditangkap.

Belakangan makin banyak orang sumbu pendek, sehingga bikin repot penegak hukum. Di Jatinegara Jaktim misalnya, urusan cuci kiloan yang setahun tak diambil, menjadikan pemilik laundry nyaris masuk penjara, karena pemilik cucian bersumbu pendek. Dan di Kalteng, ada suami tega menghajar istri hanya menolak dipeluk dari belakang. Pantesan penjara cepat penuh.

Bamukmin warga Kecamatan Telawang Kabupaten Sampit agaknya memang termasuk lelaki sumbu pendek, meski ke kantor tak pakai celana pendek macam Bob Sadino almarhum. Dia gampang tersinggung, mudah marah, mudah terbakar emosi. Kalau ketemu tukang kompor non Cawang, wooo……bisa bahaya. Bisa marah-marah tak keruan.

Istrinya, Ema, harus banyak bersabar menghadapi suami model Bamukmin. Sedikit sedikit marah, sedikit sedikit marah, kenapa marah hanya sedikit? Sampai-sampai Ema suka berfikir ngelantur, “Apa sebaiknya suami model Bamukmin ini ditukar saja ya? Nambah berapa, mau saya deh.” Begitulah pikiran buruk Ema, saking kelakuan suami yang begitu njelehi (memuakkan).

Beberapa hari lalu pas Ema sedang menyapu halaman rumah, Bamukmin yang baru saja pulang dari kantor langsung nyerocos cerita macam-macam. Ema yang tak suka suami OKeh Ng-OCE-h (banyak omong) itu diam saja, terus melanjutkan program nyapunya. Padahal maunya Bamukmin, Ema lalu menanggapi, minimal memberi komentar. Ini tidak, Ema terus saja menyapu seperti tak ada orang di dekatnya.

Bamukmin jadi sewot. Boro-boro menyiapkan minuman, baru diajak ngobrol saja tak merespon. Mendadak dia emosi. Ema langsung dipeluk dari belakang. Rupanya Ema jadi risih, siang-siang dipeluk suami di depan publik lagi. Langsung saja pelukan itu ditepisnya, “Apa-apaan sih, siang-siang main peluk segala.”

Nah, suami sumbu pendek itu jadi makin tersinggung. Sapu lidi itu langsung direbut, lalu pangkalnya disodokkan ke muka istrinya, dukkkk! Tak hanya itu, Ema juga ditendang hingga terjatuh. Tentu saja ibu dari beberapa anak itu tak terima, sehingga dia melapor ke Polsek Telawang. Tak lama kemudian Bamukmin pun ditangkap, atas dugaan KDRT.

Biar tak sumbu pendek, mestinya emosi Bamukmin disambung pakai sumbu kompor. (JPNN/Gunarso TS)