Tuesday, 20 November 2018

Polisi Siap Berikan Pengamanan Kedatangan Wapres AS

Selasa, 18 April 2017 — 21:32 WIB
Wapres AS, Mike Pence. (reuters)

Wapres AS, Mike Pence. (reuters)

JAKARTA (Pos Kota) – Polisi siap memberikan pengamanan, dan tidak mempermasalahkan rencana kedatangan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence ke Indonesia pada 20 hingga 21 April 2017 nanti.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menyebut meskipun baru selesai melakukan pengamanan Pilkada namun Polisi tetap siap melakukan pengamanan terhadap Mike Pence.

“Kita sudah persiapan kunjungan tersebut. Ini adalah VVIP, nanti dari Paspampres. Kepolisian hanya membantu. Tidak masalah kita punya pasukan banyak, masih ada Polda samping dan Mabes Polri,” ujar Argo, Selasa, (18/4/2017).

Meskipun begitu, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini enggan membeberkan jumlah personel yang akan diterjunkan. Argo menyebut, pengamanan wakil presiden Amerika Serikat tersebut adalah kewenangan Paspampres. “Itu kan Paspampres di ring satu. Kita hanya backup di jalur-jalur yang dilalui,” katanya.

Seperti diketahui, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence diagendakan akan mengunjungi Indonesia pada 20-21 April 2017. Menurut Sekretariat Kabinet Pramono Anung, kunjungan Wapres AS tersebut untuk membahas hubungan bilateral AS-Indonesia.

Namun, belakangan diketahui, kunjungan Mike Pence dalam rangka lawatan ke negara-negara Asia Pasifik. Indonesia sendiri merupakan negara ketiga yang akan dikunjungi setelah Korea Selatan dan Jepang. Selepas dari Indonesia, Mike Pence akan melanjutkan perjalanan ke Australia. (Yendhi/win)