Tuesday, 25 September 2018

42 RPTRA Masih Kurang, Jakut akan Nambah 20 Lagi

Kamis, 20 April 2017 — 22:57 WIB
Sekko sedang memimpin rapat untuk penambahan RPTRA di Jakarta Utara. (wandi)

Sekko sedang memimpin rapat untuk penambahan RPTRA di Jakarta Utara. (wandi)

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara terus berupaya menambah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA). Meski sudah ada 42 lokasi RPTRA di Jakarta Utara dan sudah berjalan, namun dinilai masih kurang, Pemkot berusaha membangun 20 RPTRA lagi.

Sekertaris Kota, Jakarta Utara, Rusdianto mengakui pihaknya saat ini berusaha terus mencari lahan kosong untuk dibangun RPTRA. Menurutnya, 42 yang ada saat ini dinilai masih kurang, karena keberadaan taman RPTRA ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kelengkapan fasilitas di RPTRA menjadi perhatian utama supaya masyarakat benar-benar bisa memanfaatkannya untuk berinteraksi sosial. Kemudian faktor pendukung seperti kebutuhan air bersih, jaringan internet dan sebagainya juga harus diperhatikan,” ungkap Rusdiyanto, Kamis (20/4).

Menurut Sekko, untuk tahun ini pihaknya berencana akan membangun 20 lokasi baru untuk pembangunan RPTRA. Dana untuk pembangunan itu sendiri bersumber dari APBD yang dialokasikan di Sudin Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Jakarta Utara.

Gencarnya pembangunan RPTRA ini kata Rusdiyanto karena masyarakat sangat menanti hadirnya RPTRA di lingkungannya. Sebab dengan adanya taman RPTRA ini selain sebagai tempat untuk interaksi juga dapat dimanfaatkan lain.

“Saya berharap seluruh SKPD dan UKPD yang ada di wilayah terus berusaha mencari lahan-lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk dibangun RPTRA. Lokasi yang sangat dibutuhkan itu diutamakan di dekat lingkungan warga,” katanya.

Pembangunan dilingkungan ini perlu dilakukan dengan tujuan agar RPTRA tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan oleh warga. (wandi/m10/win)