Tuesday, 18 September 2018

Mengaku Dukun Pengganda Uang Ditangkap

Kamis, 20 April 2017 — 18:11 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

PURWAKARTA (Pos Kota) – Dukun pengganda uang asal Indramayu diringkus Satreskrim Polsek Purwakarta, Jawa Barat.

Tersangka Budi, 43, diringkus di kawasan Sadang karena dituduh telah menipu Saripudin, warga Perumahan Puri Pakuan, Purwakarta.

Kanit Reskrim Polsek Kota Purwakarta, AKP Ahmad, di kantornya Kamis (20/4) menjelaskan, pelaku ditangkap karena memperdayai korban yang mengaku setelah dapat membantu memperbaiki keuangan korban dengan cara dapat menggandakan uang.

Kejadiannya berawal, saatkorban berkenalan dengan pelaku yang tinggal di sekitar kawasan Sadang, Purwakarta.

Komunikasi melalui telepon itu kemudian berlanjut dengan pertemuan pelaku berkunjung ke rumah korban.

Singkat cerita kepada korbannya pelaku mengaku bisa menggandakan uang. Pelaku pun kemudian meminta uang serta biaya operasional lainnya untuk mendatangkan uang lebih banyak.

Keesokan harinya, korban menstransper uang kepada pelaku. Beberapa hari kemudian korban diberi koper oleh pelaku, dengan dalih jangan dibuka sebelum wangsit turun dalam kurun satu minggu. Konon koper itu berisi uang dan samurai.

Setelah waktunya tiba, koper tersebut dibuka oleh korban namun bukan uang yang didapat ternyata di dalam koper tidak ada uang sama sekali.

Selain itu samurai yang disimpan di koper juga memiliki kasiat agar dijual, namun setelah dibuka koper tersebut ternyata isinya hanya potongan pipa yang dilakban.

“Atas tindak penipuan itu korban mengalami kerugian sekitar Rp 30 juta,” ujar Ahmad seraya menyebutkan, pelaku yang kini mendekam di sel Mapolsekta Purwakarta dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman enam tahun penjara. (dadan)