Thursday, 24 August 2017

Ritual Seba Baduy Digelar Akhir Bulan Ini

Kamis, 20 April 2017 — 10:56 WIB
suku-baduy-1

SERANG (Pos Kota) – Ribuan masyarakat suku adat Baduy kembali melakukan ritual Seba Baduy. Ritual tahunan tersebut direncanakan berlangsung pada 28 -30 April 2017.

Acara diawali dengan prosesi di Kabupaten Lebak bertemu dengan Ibu Alit, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, dilanjutkan dengan silaturahmi dengan Bapak Gede, Gubernur Banten.

Untuk memuluskan acara warga Sunda Wiwitan ini Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, mengatakan sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota serta kepolisian. Ini dilakukan untuk memastikan acara tahunan berjalan tanpa hambatan.

“Kami berharap pengemasannya Dinas Pariwisata maupun Dinas Kabupaten dan Kota aware dengan pelaksanaan ini,” kata Eneng kepada wartawan, Kamis (20/4/2017).

Di Kabupaten Lebak, lanjut Eneng, akan diisi kegiatan seni dari komunitas lukis. “Ada juga komunitas yang mengantarkan warga Baduy ke Provinsi. Hasil lomba melukis dan hasil lukisan dipamerkan di Pemprov Banten,” tutur Eneng.

Pagi hari pada 29 April 2017, lanjutnya, warga Baduy berangkat menuju Pendopo Kabupaten Pandeglang untuk bertemu Bupati Pandeglang. Sorenya, tiba di Gelanggang Olahraga Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang.

“Di sana (stadion, red) akan disambut oleh tari-tarian. Pukul 15.30 WIB seluruh peserta dari GOR akan berangkat dengan berjalan kaki menuju

Pendopo Lama Gubernur Banten yang sebagai Museum Negeri Provinsi Banten diiringi kesenian disambut oleh drum band Gita Surosowan,” imbuhnya.

Pada malam hari, kegiatan utama Seba Gede akan berlangsung antara masyarakat Baduy dengan Gubernur Banten. “Kita juga mengundang Kementerian terkait untuk hadir dalam acara puncak,” kata Eneng. (haryono/yp)