Monday, 29 May 2017

Sumbang Juga Fahri Bocah Rapuh Tulang

Kamis, 20 April 2017 — 6:07 WIB
jupe-nyumbang

TAK hanya janda –kata KH Zainudin MZ almarhum–, banyak umat lain yang perlu disantuni akibat penderitaannya. Tak peduli mereka itu beda profesi, suku, agama dan warna kulitnya. Mereka wajib dibantu.

Tapi kita menjadi tertegun ketika donatur untuk artis Julia Perez (Jupe), masuk Rp452 juta hanya dari dua orang tokoh nasional, sementara untuk bocah Fahri di Bandung ‘baru’ masuk Rp300 jutaan dari 1.085 donatur.

Di seluruh Indonesia, tak sedikit penyandang masalah sosial. Mereka dibantu melalui sumbangan yang dikumpulkan dari pembaca di internet. Jumlahnya bisa mencapat ratusan juta, bahkan miliaran. Tapi dana itu dikumpulkan dari donatur yang nilai sumbangannya antara Rp50.000 hingga Rp100.000. Penderita itu memang miskin dari asalnya, mereka orang-orang biasa yang tak pernah diberitakan dan dikenal publik.

Pada minggu ini banyak diberitakan tentang artis Jupe yang menderita kanker servik stadium 4. Dia sudah berobat ke Singapura, tapi karena tak membawa hasil sementara kocek menipis, akhirnya pilih berobat di RSCM, Jakarta. Jupe sudah habis puluhan miliar untuk melawan penyakitnya itu. Pelawak Eko Patrio pun segera membuka rekening donasi, untuk membantu biaya pengobatan Jupe.

Ketika masih jaya, Jupe bisa hadiahkan mobil Dodge Jurney Platinum seharga Rp635 juta untuk sang kekasih, Gaston. Tapi sekarang, ketika Jupe sangat membutuhkan pertolongan, Si Gaston tak pernah katon (tampak). Untung ada Eko Patrio yang mampu menggerakkan sejumlah tokoh untuk membantu pengobatan Jupe.

Dalam acara penggalangan dana bertajuk ‘Peduli Sahabat Jupe’ Cagub DKI Sandiaga Uno yang pengusaha membantu Rp333 juta, sementara Ketua MPR Zulkifli Hasan mentransfer Rp119 juta. Yang agak aneh, meski menyumbang mereka ini masih ada juga muatan politiknya.

Sandiaga Uno menyumbang dengan nominal Rp333 juta, karena itu lekat dengan nomer paslon dia sebagai Cawagub DKI. Sedangkan MPR Zulkifli Hasan, dia memilih nominal Rp119 juta dengan muatan agamis, itu jumlah orang berzikir: 100 + 19 kali.

Publik pun tertegun, dalam tempo menitan terkumpul Rp452 juta, hanya dari dua orang penyumbang, belum yang lain-lain. Andaikan Jupe warga masyakat biasa, mungkikah itu?

Lihat di Cipadung, Bandung, ada bocah Fahri, 11, yang sejak usia 4 tahun telah menderita penyakit rapuh tulang. Hanya karena terbatuk saja, tulang penyangga tubuhnya bisa patah karenanya. Lewat publikasi internet telah masuk dana Rp300 jutaan dari 1085 donatur. – gunarso ts