Monday, 24 April 2017

IPB Ingin Jadikan Pushidrosal Sebagai Dewan Penasihat Ilmiah

Jumat, 21 April 2017 — 15:15 WIB
Kadisinfolahta

JAKARTA (Pos Kota) – Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam hal ini Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) melaksanakan roadshow capaian akreditasi internasional dari Institute of Marine Engineering, Science & Technology (IMAREST) ke Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal).

Tim Roadshow ITK IPB ini berjumlah empat orang, yakni Dr. Agus Sholeh Atmadipoera dosen Oseanografi Fisika, Dr. Lumban Gaol dosen Inderaja Laut, dan Dr. Yuli Naulia dosen Oseanografi Biologi dan Kepala Divisi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis Kelautan Prof.Dr.Ir. Vincentius P. Siregar, DEA selaku pimpinan delegasi.

Delegasi IPB diterima oleh Direktur Pengamanan dan Kerjasama Perbatasan (Dirpamkersamtas) Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono mewakili Kapushidrosal Laksda TNI Harjo Susmoro yang didampingi beberapa perwira di Rupat Kapushidrosal, Ancol Timur, Jakarta utara.

Misi yang dibawa oleh delegasi IPB tersebut adalah dalam rangka permohonan kepada Pushidrosal untuk menjadi anggota Dewan Penasihat Ilmiah (Scientific Advisory Board) Re-Akreditasi Internasional Jurusan Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) IPB Bogor oleh IMAREST Inggris. IMAREST adalah lembaga riset internasional yang berkedudukan di Inggris, yang bergerak di bidang penelitian kelautan di hampir seluruh perairan Dunia.

Jurusan ITK IPB di tahun 2017 ini akan selesai status akreditasi internasional oleh IMAREST Inggris, sehingga selama rentang tahun ini sedang diadakan proses perpanjangan akreditasi (Re-akreditasi) Tahun 2018 – 2021. Akreditasi Internasional ITK IPB oleh IMAREST sangat diperlukan karena akan menambah daya saing lulusan sarjana kelautan yang dicetak IPB, sehingga mampu terjun ke dunia kerja skala internasional.

Sementara itu, menanggapi permohonan itu pihak Pushidrosal, disampaikan Dirpamkersamtas Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono pada prinsipnya Pushidrosal mendukung proses yang akan dilaksanakan pihak ITK IPB dalam rangka mendapatkan akreditasi internasional dari IMAREST Inggris. Selanjutnya pertemuan ditutup dengan beberapa kesepakatan denga dilaksanakan tahapan-tahapan yang harus dilalui khususnya oleh pihak ITK IPB demi terselenggaranya kerjasama yang aman antara kedua belah pihak.

Kadisinfolahta
Kolonel Laut (E) Asep Subhan