Sunday, 23 July 2017

Kedua Kakinya Diamputasi, Pembalap Remaja Ini dapat Galangan Dana Rp10 Miliar

Jumat, 21 April 2017 — 23:00 WIB
Billy Monger digambarkan sebagai "karakter yang menyenangkan" oleh timnya.

Billy Monger digambarkan sebagai "karakter yang menyenangkan" oleh timnya.

KAMPANYE lewat online untuk menggalang dana bagi remaja pembalap yang kehilangan kedua kakinya karena diamputasi setelah kecelakaan di Sirkuit Donington Park telah mengumpulkan lebih dari £600.000 atau lebih dari Rp10 miliar.

Billy Monger, 17, diterbangkan ke rumah sakit setelah dia menabrak mobil lain di sirkuit pada kompetisi balap Minggu (16/04).

Laman Just Giving kemudian dibuat dan pembalap Formula 1 Jenson Button menyumbangkan £15.000 atau Rp250 juta lebih.

Steven Hunter, kepala tim Billy, memulai pengumpulan dana untuk membantu remaja 17 tahun tersebut “kembali ke kehidupan yang penuh dan aktif”.
#billywhizz

Menurutnya, masa-masa setelah kecelakaan benar-benar “menyedihkan” karena mereka sudah mengkhawatirkan kemungkinan terburuk.

Sumbangan tersebut datang cepat dalam sehari terakhir dan jumlah £630.950 sudah tercapai, bahkan melewati target awal £260.000 atau hampir Rp4,5 miliar.

Pengemudi F1 Max Verstappen menyumbangkan £15.000 atau Rp250 juta lebih dan mantan rival Devlin DeFrancesco memberi sumbangan terbesar, £26.000 atau hampir Rp450 juta.

Ratusan orang mengirimkan pesan dukungan bagi remaja itu, dan tagar #billywhizz banyak dibagikan secara luas di media sosial.

 

balapan
Scott Mitchell dari Autosport Magazine, yang mengenal Monger sejak berusia sembilan tahun mengatakan kepada BBC Radio 5 bahwa Billy “tahu akan luka-lukanya” tapi berada dalam “kondisi yang optimistis”.

“Keluarganya, teman-temannya dan anggota timnya tak menyangka sumbangan itu,” katanya.

“Tidak ada yang mengatakan sesuatu yang buruk tentang Billy. Semuanya menyukai dia. Dia adalah pemuda yang luar biasa. Dia tipe karakter yang bisa bertahan.”

Pembalap F1 Jenson Button meminta pada pengikutnya di Instagram untuk membantu Monger setelah muncul berita akan kecelakaan tersebut.

Pembalap Mercedes Lewis Hamilton, yang punya 4,32 juta pengikut di Twitter juga mencuit, “Doa dan pikiran kami bersamamu dan keluargamu, @BillyMonger”.

Billy berkompetisi di Formula 4 Kejuaraan Inggris, seri perlombaan balap mobil yang menggabungkan antara tim balap profesional dan pembalap yang dibiayai pribadi.(BBC)