Monday, 29 May 2017

Nama Ahmadinejad Dicoret dari Daftar Calon Presiden Iran

Jumat, 21 April 2017 — 11:59 WIB
Ahmadinejad. (reuters)

Ahmadinejad. (reuters)

IRAN – Secara mengejutkan, mantan presiden Mahmoud Ahmadinejad didiskualifikasi dari daftar  kandidat presiden yang akan ikut dalam pemilihan presiden Iran 19 Mei 2017 mendatang. Pendiskualifikasian Ahmadinejad dilakukan oleh Dewan Pelindung, Kamis (20/4/2017) waktu setempat.

Dilansir ABC News, Jumat (21/4/2017) tidak disebutkan alasan Presiden Iran periode 2005 – 2013 ini dicoret namanya sebagai calon presiden baru. Namun, pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei disebut-sebut ada andil dalam hal ini. Seperti diketahui, separuh dari anggota Dewan Pelindung ditunjuk oleh Khamenei.

“Dia tamu tak diundang dalam pemilu ini,” kata analis politik Iran, Soroush Farhadi kepada AP.

Sedangkan sahabat Ahmadinejad, Ali Akbar Javanfekr, merespon pendiskualifikasian tersebut sebagai sesuatu yang meringankan tanggung jawab. “Alhamdulillah, Dewan Pelindung telah mengenyahkan kewajiban dari bahu kami,” kicau Javanfekr menanggapi diskualifikasi Ahmadinejad di sosial media.

Seperti diketahui, Ahmadinejad turun dari jabatannya dalam kondisi Iran yang kacau balau. Iran diisolasi dunia internasional karena program nuklirnya dan terkena sanksi internasional. (embun)